Windows Mulai Gulirkan Edge Chromium via Windows Updates

    Lufthi Anggraeni - 04 Juni 2020 11:38 WIB
    Windows Mulai Gulirkan Edge Chromium via Windows Updates
    Microsoft menggulirkan versi update Edge berbasis proyek Chromium karya Google.
    Jakarta: Microsoft kini menggulirkan versi update dari peramban Edge karyanya pada Windows 10 melalui Windows Software Updates. Update ini akan tersedia untuk pengguna Windows 10 yang menjalankan versi 1803, 1809, 1903 dan 1909.

    Microsoft meluncurkan versi baru Edge pada bulan januari lalu, dan hingga kini mengharuskan pengguna untuk mengunduh secara manual dari situs. Versi baru ini berbasis proyek Chromium dari Google, yang juga menjadi basis dari peramban seperti Chrome dan Opera.

    Generasi pertama Edge menggunakan mesin peramban EdgeHTML dan mesin Chakra JavaScript, sedangkan peramban baru ini menggunakan mesin Blink dan V8 yang sama, serupa Chrome. Mesin ini didukung sejumlah perubahan pada antarmuka pengguna.

    Kombinasi ini menghasilkan Microsoft Edge baru yang diklaim mampu menyuguhkan performa serupa Chrome, serta menawarkan shortcut dan fitur yang berfungsi serupa pada Chrome. Terpenting, pengguna kini dapat memasang ekstensi Chrome pada Edge.

    Ekstensi Google Chrome versi situs mengidentifikasi Edge sebagai Chrome dan pengguna dapat langsing memasang ekstensi yang tersedia selayaknya pada Chrome. Namun sebagai peramban pihak pertama, Edge mendapatkan sejumlah keuntungan menyoal performa dan efisiensi di Windows 10.

    Keuntungan ini secara umum mempermudah Edge untuk bekerja jika dibandingkan dengan Chrome pada perangkat berspesifikasi lebih rendah seperti tablet, serta memungkinkan konsumsi baterai perangkat lebih hemat.

    Hal ini dapat diterjemahkan bahwa pengguna dapat menikmati berbagai keuntungan, dari performa, hingga kompatibilitas dengan Chrome, yang didampingi efisiensi dari peramban pihak pertama. Dan Edge juga memiliki fitur unggulan karya Microsoft.

    Fitur tersebut seperti mode membaca, pengaturan privasi lebih baik, serta fitur mendatang seperti tab dengan susunan vertikal, pencarian sidebar dan lainnya. Sebelumnya, Microsoft merumahkan ratusan pekerja jurnalistik dan editorial di Microsoft News dan MSN Organization.

    Keputusan ini merupakan bagian dari upaya Microsoft untuk mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memilah berita dan konten yang disajikan di MSN.

    Sebagian besar pekerja yang terdampak pada keputusan ini merupakan bagian dari divisi Microsoft SANE (search, ads, News, Edge), dan pekerja kontrak sebagai editor manusia untuk membantu memilih berita.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id