AMD Ryzen Gen-4 dan Chipset X670 Hadir Akhir 2020

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 Desember 2019 13:22 WIB
    AMD Ryzen Gen-4 dan Chipset X670 Hadir Akhir 2020
    AMD Ryzen.
    Jakarta: AMD tengah menikmati momen kejayaannya, di saat Intel masih terkendala dengan kemampuan produksi. Beredar kabar terbaru, AMD sudah dalam proses persiapan Ryzen Generaisi keempat alias seri AMD Ryzen 4000.

    Namun, kehadiran proses AMD Ryzen terbaru tersebut rasanya masih lama. Masih teringat jelas bahwa seri AMD Ryzen 3000 atau generasi ketiga baru diumumkan pertengahan tahun ini. Kabarnya AMD baru akan merilis di tahun 2020.

    Dikutip dari WCCF Tech, situs media Tiongkok MyDrivers mengaku mendapatkan kabar tahun rilis tadi langsung dari pihak internal AMD. Kabar yang beredar menyebut AMD Ryzen 4000 akan menggunakan fabrikasi 7nm arsitektur Zen 3.

    Fabrikasi tersebut mengandalkan teknologi EUV yang mampu membuat prosesor yang dihasilkan diklaim lebih efisien dnegan jumlah transistor lebih banyak. Adopsi arsiterktur Zen 3 baru sebatas prediksi akan mampu menyajikan kemampuan lebih tinggi lagi dan lebih cepat performanya.

    Hadirnya prosesor AMD selalu bersamaan dengan chipset baru yang mendukung kemampuan prosesor pada motherboard. Informasi yang beredar juga mengabarkan AMD akan merilis chipset X670 sebagai pengganti X570.

    Masih dari sumber informasi yang sama, chipset AMD X650 masih akan mempertahankan dukungan soket AM4 dengan peningkatan di PCIe 4.0 serta memilih lebih banyak port M.2, SATA, dan USB 3.2. Menariknya, chipset ini disebut akan menjadi pendukung terakhir generasi soket AM4.

    Artinya, apabila rumor tadi benar, prosesor generasi setelah AMD Ryzen 4000 tidak akan lagi kompatibel dengan motherboard atau chipset generasi sebelumnya. Nasibnya akan serupa dengan AMD Ryzen Threardipper yang kini menggunakan soket baru.

    Selama ini AMD berhasil memikat banyak pengguna karena dukungan kompatibiltas chipset sekaligus soket. Hal ini membuat prosesor terbaru masih bisa menggunakan motherboard generasi lama hanya dengan memperbarui firmware.

    Beberapa pihak menilai hal ini tidak menjadi masalah. Merunut kembali riwayat soket prosesor AM4 yang sudah berusia tiga tahun. Wajar apabila soket baru dibutuhkan untuk bisa mendukung desain prosesor yang baru.

    Beberapa waktu lalu SVP AMD, Forrest Norod sempat menyampaikan bahwa Zen 3 berpeluang menghadirkan arsitektur baru dengan banyak peningkatan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id