XL Axiata Resmikan Laboratorium IoT, X-CAMP

    Lufthi Anggraeni - 13 November 2018 15:33 WIB
    XL Axiata Resmikan Laboratorium IoT, X-CAMP
    XL Axiata meresmikan kehadiran laboratorium untuk pengembangan solusi IoT, X-CAMP.
    Jakarta: XL Axiata, didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Perindustrian, meresmikan laboratorium untuk pengembangan solusi Internet of Things, bertajuk X-CAMP. Laboratorium ini menjadi upaya XL Axiata untuk memperluas implementasi teknologi dan solusi IoT.

    “Salah satu alasan kami mendirikan IoT Lab ini karena melihat skenario bisnis IoT yang unik sehingga memerlukan adanya product customization,” ujar Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini.

    Dian menyebut, X-CAMP ini dipersembahkan XL Axiata juga untuk pengembang, sehingga mereka dapat mengembangkan solusi berdasarkan kebutuhan berbeda di masing-masing industri.

    Sebab keunikan yang dilihat XL Axiata berdasarkan kebutuhan akan solusi dari kasus penggunaan berbeda antara satu industri dengan industri lainnya.

    Selain untuk pengembang, X-CAMP juga ditujukan sebagai wadah pertemuan pemangku kepentingan atau stakeholder dalam ekosistem teknologi IoT, agar dapat mengembangkan ekosistem secara bersama-sama, dari penghimpunan ide hingga implementasi bisnis.

    Tidak hanya untuk pengembangan solusi, X-CAMP juga ditujukan untuk mengembangkan bakat di ranah ini.

    Karenanya, XL Axiata mengaku telah mempersiapkan program pelatihan untuk pengembangan sumber daya manusia. Hal ini mendapat dukungan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, karena Indonesia disebut memiliki bakat di bidang teknologi yang besar, namun belum terasah dengan baik.

    Hal senada juga diutarakan oleh Menteri Perindustrian Erlangga Hartanto, menyebut bahwa kehadiran ini mendukung kemajuan Indonesia dalam menjalani revolusi Industri 4.0 yang tengah digalakan pemerintah.

    Selain itu, revolusi Industri 4.0 juga diperkirakan akan membutuhkan sebanyak 17 juta tenaga kerja dengan literasi digital baik. X-CAMP, lanjut Dian, juga menjadi sebagai wadah kerja sama XL Axiata dengan laboratorium di berbagai Universitas di Indonesia.

    Kerja sama ini diwujudkan melalui program kompetisi seperti hackathon dan Ideation, serta pembentukan kurikulum, agar lulusan universitas memiliki pengetahuan yang dibutuhkan oleh industri.

    Laboratorium yang turut menjadi anggota dari GSM Alliance di kawasan Asia Tenggara ini akan mulai beroperasi secara efektif pada pertengahan bulan November 2018 ini.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id