MediaTek: Kami tak Cuma Ada di Smartphone

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 Mei 2019 15:41 WIB
    MediaTek: Kami tak Cuma Ada di Smartphone
    Chipset MediaTek.
    Jakarta: MediaTek di masyarakat Indonesia mungkin lebih sering terdengar di industri smartphone. Perusahaan ini disebut sebagai salah satu kompetitor Qualcomm. Produk prosesor atau System-on-Chip (SoC) MediaTek memang jadi satu pilihan di sekian banyak smartphone yang dirilis di Tanah Air.

    Kehadiran pihak MediaTek di Jakarta hari ini, Kamis, Mei 2019, ingin lebih memperkenalkan dirinya sebagai perusahaan teknologi yang tidak terbatas mendukung ekosistem perangkat smartphone.
    "Kami adalah perusahaan teknologi yang memang memproduksi chip atau prosesor tidak hanya untuk smartphone, tapi juga perangkat atau perusahaan teknologi lainnya," ungkap Director Gobal Marccom SEA MediaTek, Joyce Hsiung.

    Dia menjelaskan bahwa MediaTek menyediakan komponen chip juga untuk perangkat elektronik lainnya. Joyce mengklaim 80-90 persen televisi Sony Bravia menggunakan chip MediaTek. SoC buatan MediaTek hadir di banyak produk eletronik saat ini.

    MediaTek: Kami tak Cuma Ada di Smartphone

    "Kami berada di posisi pertama pasar tablet Android, nomor dua di pasar smartphone, nomor satu di voice assistant device dan beberpa kategori produk lainnya. Mulai dari connectivity network seperti router, televisi digital, optical drive atau blu-ray player dan feature phone," tutur Joyce.

    Bahkan teknologi Internet of Things (IoT) dan 5G juga disasar oleh MediaTek. Salah satu implementasinya adalah ke dukungan teknologi kendaraan swakemudi dengan mengandalkan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence) di SoC MediaTek.

    Disinggung soal prosesor atau SoC MediaTek yang di Indonesia dianggap lebih sering muncul di smartphone kelas menengah dan entry level, MediaTek menyanggahnya.

    MediaTek: Kami tak Cuma Ada di Smartphone

    "Justru kami mengembangkan produk yang membawa teknologi terkini untuk bisa digunakan oleh banyak konsumen dengan mudah. Di sisi harga kami memang membuatnya sebisa mungkin sangat terjangkau," jelas Joyce.

    MediaTek jelas sangat percaya diri. Dalam presentasinya perusahaan tersebut juga membawa beberapa produk smart speaker yang mendukung voice assisstant. Kemampuan tersebut bertumpu pada AI buatan MediaTek.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id