Susul TSMC, Samsung Kini Bisa Ciptakan Prosesor 5nm

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 April 2019 09:08 WIB
    Susul TSMC, Samsung Kini Bisa Ciptakan Prosesor 5nm
    Wafer yang digunakan pada fabrikasi prosesor.
    Jakarta: Samsung mengklaim telah berhasil menyiapkan teknologi proses pembuatan prosesor 5nm.

    Pihak Samsung mengklaim bahwa teknologi pembuatan prosesor fabrikasi 5nm tersebut membawa peningkatan dibandingkan versi 7nm. Di fabarikasi 5nm bisa disediakan peningkatan efisiensi logic area sebesar 25 persen dengan konsumsi daya 20m persen lebih rendah.

    Samsung juga menyatakan teknologinya kali ini mendukung migrasi ekosistem pada model prosesor fabrikasi 7nm ke 5nm sehingga tidak memerlukan proses desain ulang. Samsung sendiri sudah sejak akhir Oktober lalu menyatakan siap memproduksi prosesor fabrikasi 7nm namun belum digunakan.

    Huawei saat memproduksi Kirin 980 yang berbasis 7nm menggunakan fasilitias TSMC. Sementara Samsung sendiri tidak memproduksi prosesor Exynos dengan fabrikasi 7nm. Mereka menciptrakan Exynos 9820 untuk keluarga varian Samsung Galaxy S10 di fabrikasi 8nm.

    Sementara, apabila TSMC lebih banyak menerima customer untuk prosesor dekstop atau PC mereka juga sempat menerima pesanan prosesor Apple Bionic A12 berbasis fabrikasi 7nm yang digunakan pada keluarga iPhone XR, XS, dan XS Max serta varian iPad terbaru.

    Seperti yang diketahui bahwa sejauh ini prosesor dengan ukuran fabrikasi terkecil baru 7nm. 

    Di prosesor komputasi seperti desktop, AMD menjadi pertama menciptakan, sementara di perangkat mobile adalah Huawei.

    Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Samsung menyatakan sudah siap menerima sample production dari perusahaan perancang prosesor.

    Sebelum Samsung, sebetulnya perusahaan lain yaitu TSMC (Taiwan Semiconducotr Manufacturing Company) juga lebih dulu mengumuman kesiapan fasilitas dan infrastrukturnya.

    Satu lagi perusahaan besar dnegan bisnis foundry adalah Intel. Namun sejauh ini Intel masih kesulitan dalam proses pengembangan teknologi fabrikasi 7nm.

    Samsung sendiri dikenal sebagai pemasok komponen smartphone lain, sehingga bisa saja mereka menerima produksi prosesor dari merek smartphone lain.

    Perlu diketahui bahwa angka pada fabrikasi menentukan ukuran terkecil dari komponen trasnsistor yang bisa dibuat pada prosesor.

    Semakin kecil, maka semakin banyak transistor yang bisa dimuat pada sebuah prosesor. Jumlah tersebut memungkinkan peningkatan performa dan menyisakan ruang untuk ditanamkan teknologi lain di dalamnya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id