Apple Siapkan Pencil Masa Depan Pakai Gestur Sentuh

    Lufthi Anggraeni - 13 Januari 2020 09:28 WIB
    Apple Siapkan Pencil Masa Depan Pakai Gestur Sentuh
    Apple tengah mengembangkan Apple Pencil generasi selanjutnya dengan dukungan gestur lebih canggih.
    Jakarta: Apple Pencil yang mendampingi iPad merupakan salah satu stylus tercanggih di dunia, mendukung termasuk gestur dasar seperti ketukan ganda di pena. Namun paten baru Apple muncul di US Patent and Trademark Office.
     
    Menurut paten baru ini, Apple tengah mengembangkan Apple Pencil generasi selanjutnya dengan dukungan gestur lebih canggih. Paten ini menggambarkan stylus dengan area fleksibel dan sensitif sentuhan.
     
    Area ini berkemampuan mengenali berbagai gestur bergantung dengan penempatan ujung jari, salah satunya adalah gestur mengusap. Paten ini juga mengindikasikan bahwa pengguna yang menggenggam pena ini tidak perlu berinteraksi dengan layar menggunakan tangan lainnya.
     
    Pengguna dapat mengendalikan konten di layar dengan menggunakan stylus setelah gestur usap dan sentuh telah diimplementasi. Paten lain menggambarkan Pencil akan berbekal kamera di ujung perangkat.
     
    Pensil cerdas karya Apple tersebut juga akan berbekal mesin haptic yang menyimulasikan kesan serupa menggambar di atas kertas. Mesin haptic ini akan dapat merekam berbagai tipe permukaan dengan menggunakan kamera dan kemudian menampilkannya di layar iPhone saat menggambar.
     
    Sebelumnya, delapan analis pasar berbeda optimistis bahwa Apple akan segera menjual ponsel ke-dua miliar karyanya pada tahun 2020 ini. Dan Apple berada di jalur yang tepat untuk menjual sebanyak 195 juta iPhone selama tahun fiskal 2020.
     
    Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan prediksi sebanyak 186 juta, dan berkat penjualan yang baik di musim liburan. Apabila perjalanan penjualan Apple berjalan dengan baik, jumlah total penjualan iPhone sejak tahun 2007 akan berjumlah sekitar 1.9 miliar unit.
     
    Secara keseluruhan, penjualan iPhone mengalami penurunan sejak masa puncak kejayaannya pada tahun 2015-2018, namun perusahaan ini diperkirakan akan menghasilkan pendapatan sebesar USD275 miliar.
     
    Sementara itu, perusahaan teknologi kesehatan Masimo mengklaim Apple mencuri teknologi yang telah dipatenkannya.

    Masimo menyebut bahwa fitur kesehatan Apple Watch yang membantu menyelamatkan nyawa penggunanya tersebut berbasis dari paten teknologi miliknya, dan digunakan Apple tanpa mendapatkan izin dari mereka.
     
    Masimo telah melayangkan gugatan hukum terhadap Apple karena telah melanggar 10 paten yang dimiliki oleh perusahaan serta anak perusahaannya, Cercacor Laboratories. Paten ini termasuk teknologi penting untuk pengawasan non invasif dari denyut nadi pengguna serta sinyal psikologis lainnya.


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id