Instagram Jamin Aplikasinya Aman, tak Ada Kebocoran Data

    Ellavie Ichlasa Amalia - 24 Mei 2019 16:28 WIB
    Instagram Jamin Aplikasinya Aman, tak Ada Kebocoran Data
    Instagram yakinkan aplikasinya aman. (Photo by LOIC VENANCE / AFP)
    Jakarta: Instagram mengumumkan hasil penyelidikan tentang data pengguna yang disebutkan dapat diakses oleh perusahaan marketing India, Chtrbox. 

    "Berdasarkan hasil investasi awal dari dugaan terkait penyalahgunaan data pengguna Instagram yang kami terima, kami menemukan bahwa tidak ada email maupun nomor telepon pengguna Instagram yang diakses oleh Chtrbox," kata juru bicara Instagram dalam email kepada Medcom.id. 

    "Kumpulan data yang dimiliki oleh Chtrbox adalah informasi yang tersedia secara publik dari berbagai sumber, salah satunya adalah Instagram." Selain itu, Instagram juga mengoreksi bahwa jumlah data yang ada dalam database Chtrbox hanya mencapai 350 ribu. 

    Ketika pertama kali masalah ini dilaporkan, disebutkan database Chtrbox memiliki data dari 49 juta orang. Instagram juga menegaskan bahwa Chtrbox tidak mendapatkan informasi pribadi pengguna Instagram dari API media sosial tersebut. 

    Chtrbox memiliki tiga cara untuk mendapatkan data yang tersimpan di database-nya. Salah satunya adalah membuka pendaftaran untuk orang-orang yang tertarik untuk bergabung dengan Chtrbox.

    Selain itu, mereka juga mengumpulkan data nomor telepon dan alamat email pengguna Instagram yang memang bisa dilihat oleh semua orang. Misalnya, informasi yang terpasang pada profil bio seseorang. 

    Terakhir, Chtrbox memiliki tim untuk melakukan riset online, pemasaran offline, dan bertemu langsung dengan pengguna di India. Selain itu, mereka juga mengumpulkan data dari influencer yang memang menggunakan jasa mereka. 

    Pada akhirnya, Instagram meyakinkan bahwa tidak ada celah pada aplikasinya yang memungkinkan pihak ketiga, seperti Chtrbox, untuk mengumpulkan data pribadi pengguna. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id