Ada Masalah Keamanan Data di Aplikasi Wajah Tua FaceApp

    Ellavie Ichlasa Amalia - 18 Juli 2019 11:41 WIB
    Ada Masalah Keamanan Data di Aplikasi Wajah Tua FaceApp
    Ilustrasi. (TechCrunch)
    Jakarta: Belakangan, media sosial dipenuhi dengan orang-orang yang mengunggah foto dari diri mereka yang sudah berumur 60-70 tahun. 

    Foto ini dibuat dengan aplikasi yang disebut FaceApp, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat seseorang terlihat lebih tua dari umurnya sebenarnya. FaceApp sebenarnya telah ada sejak beberapa tahun lalu. Aplikasi itu baru populer belakangan ini, lapor Fast Company

    Meskipun begitu, sebelum Anda menggunakannya, ada baiknya jika Anda tahu tentang masalah privasi yang ada. TechCrunch melaporkan, ketika pengguna memilih foto yang hendak diubah dengan FaceApp, aplikasi itu mengunggah foto tersebut ke server mereka di Rusia, tempat aplikasi ini dibuat. Server itulah yang akan membuat efek penuaan pada foto. 

    Masalahnya, FaceApp tidak memperingatkan pengguna bahwa foto mereka telah diunggah ke cloud. Mereka juga tidak menyebutkan apakah perusahaan akan tetap dapat menyimpan foto Anda atau apa yang bisa perusahaan lakukan dengan foto itu. 

    Semua aplikasi dari Apple yang menggunakan AI dan machine learning melakukan tugasnya di perangkat langsung dan bukan di cloud. Ini membuat orang-orang berpikir bahwa FaceApp memiliki mekanisme yang sama. Namun, sebenarnya FaceApp memiliki cara yang berbeda. 

    FaceApp juga memiliki syarat dan ketentuan yang sangat luas, memungkinkan perusahaan untuk menggunakan foto Anda untuk berbagai hal. 

    "Anda memberikan FaceApp lisensi non-eksklusif, yang tak bisa ditarik kembali, mencakup dunia, telah terbayar, bisa ditransfer untuk membuat ulang, memodifikasi, mengubah, merilis, menerjemahkan, membuat konten lain, mendistribusikan, dan menampilkan Konten Pengguna dan nama apapun, username atau kemiripan yang ada dengan Konten Pengguna di semua format media dan kanal yang dikembangkan di masa depan tak akan memberikan kompensasi pada Anda," tertulis pada syarat dan ketentuan aplikasi FaceApp. 

    Memang, sejauh ini, tidak ada bukti bahwa FaceApp melakukan hal buruk menggunakan foto Anda. Namun, tidak ada klarifikasi dari perusahaan tentang apa yang mereka lakukan dengan foto-foto yang mereka kumpulkan. 

    Viralnya FaceApp menunjukkan bagaimana netizen tidak akan berpikir panjang untuk memberikan data mereka pada perusahaan yang tidak dikenal dengan persyaratan yang tidak diketahui untuk mendapatkan konten yang bisa mereka unggah ke media sosial.  



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id