Gandeng Microsoft, Helios Rilis Helios Cloud

    Ellavie Ichlasa Amalia - 23 Januari 2018 16:08 WIB
    Gandeng Microsoft, Helios Rilis Helios Cloud
    Presiden Direktur Helios, Deddy Sudja. (MTVN)
    Jakarta: Bekerja sama dengan Microsoft, Helios Informatika Nusantara, perusahaan anak CTI Group, baru saja meluncurkan layanan berbasis cloud yang disebut Helios Cloud.

    Melalui layanan ini, Helios menawarkan layanan cloud sebagai platform (PaaS) atau infrastruktur (IaaS). Pelanggan juga akan bisa memanfaatkan layanan cloud Azure dari Microsoft untuk melakukan komputasi, analitik, penyimpanan data dan jaringan. 

    Meskipun menyasar semua sektor industri, sejatinya, Helios Cloud ditujukan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta startup. Menurut Helios, layanan yang biasanya paling diminati oleh UKM adalah pengembangan situs dan alat yang memungkinkan para pegawainya untuk berkolaborasi menggunakan Office 365 seperti email, word, excel dan power point

    "Pola konsumsi masyarakat sudah berubah. Dan perilaku ini juga ada di industri dan korporasi," kata Presiden Direktur Helios, Deddy Sudja saat ditemui di Senayan City, Selasa (23/01/2018).

    Dia menjelaskan, perusahaan kini lebih senang menjadikan konsumsi sebagai biaya operasional, bukan menanamkan investasi besar sebagai bagian dari CAPEX. 

    Pria yang akrab dengan penggilan Deddy ini menjelaskan, ada beberapa hal yang membedakan Helios dengan pesaingnya. Pertama adalah kemudahan. "Fitur cloud itu biasanya identik dengan mudah. Bisa mulai digunakan kapan saja, setop kapan saja. Bisa menambah atau mengurangi kapasitas sesuai dengan keinginan pelanggan," katanya. 

    Selain itu, dia menjelaskan, Helios juga menawarkan sistem automatic billing. Deddy menyebutkan, sistem ini berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan manusia atau human error dalam perhitungan biaya layanan.

    Gandeng Microsoft, Helios Rilis Helios Cloud

    Sama seperti layanan cloud lain, pelanggan akan membayar ongkos berdasarkan sumber daya dan layanan yang digunakan. Dengan begitu, pelanggan memiliki kebebasan untuk memilih layanan yang mereka gunakan. Layanan cloud yang disediakan oleh Helios sendiri beragam, mulai dari Rp2 ribu per hari. 

    Hal kedua yang Helios unggulkan adalah tim lokal. "Kami punya tim sales dan teknis lokal yang bisa mengerti kebutuhan konsumen dengan lebih baik," katanya. Tim Helios juga bisa membantu pelanggan untuk melakukan migrasi data ke cloud jika dibutuhkan. Sama seperti layanan cloud, pelanggan juga bisa memilih tipe dukungn yang mereka dapatkan dari Helios. 

    Indra Suryatama, Cloud Product Manager of Helios Informatika Nusantara menjelaskan, salah satu hal yang membedakan Helios dengan penyedia cloud lainnya adalah karena mereka menawarkan konsultasi gratis. "Kami akan membantu pelanggan untuk mengadopsi cloud. Bagi pelanggan yang mau menggunakan cloud tapi tidak tahu caranya, kami akan bantu migrasi," katanya. 

    Selain layanan cloud Azure dari Microsoft, Helios juga bekerja sama dengan vendor lokal penyedia solusi lainnya. Melalui situsnya, Helios menawarkan berbagai solusi yang mungkin diperlukan oleh pelanggan.

    Saat ini, hanya tersedia tiga kategori yaitu tur & travel, manufaktur dan FSI. Namun, ke depan, Deddy menyebutkan bahwa mereka akan terus menambah solusi teknologi yang tersedia di Helios Cloud. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id