Nikon: Mirrorless Tidak Gerus Pasar DSLR

    Lufthi Anggraeni - 30 Januari 2018 07:48 WIB
    Nikon: Mirrorless Tidak Gerus Pasar DSLR
    Nikon menilai pertumbuhan kamera mirrorless belum mengerus pasar kamera DSLR.



    Jakarta: Kamera mirrorless saat ini menjadi kategori kamera cukup digandrungi konsumen di berbagai negara, salah satunya berkat ukuran yang ringkas namun tetap menawarkan kemampuan baik untuk memotret. Namun, popularitas ini dinilai Nikon tidak menggerus pasar kamera DSLR.

    "Bukan menggerus pasar DSLR. Mirrorless ini, dia menggantikan market compact camera yang tergerus oleh smartphone. Pengguna-pengguna mirrorless kebanyakan adalah yang switch dari kamera compact ke mirrorless entry level," ujar General Manager Imaging Division Nikon Indonesia Sukimin Thio.

     



    Menurut Sukimin, kamera pada kategori SLR dan mirrorless memiliki pasar masing-masing, sehingga Nikon menilai kehadiran maupun popularitas kamera mirrorles tersebut bukan sebagai ancaman untuk kamera SLR.

    Penjualan kamera mirrorless diakui Sukimin mengalami peningkatan, meski tidak signifikan hingga dapat disebut mampu menggerus pasar kamera DSLR. Saat ini, pangsa pasar kamera SLR di Indonesia disebut Sukimin mencapai lebih dari 50 persen, sementara mirrorless mencapai 20 persen dan sisanya adalah kamera compact.

    Sukimin juga mengaku optimistis penjualan kamera pada kategori compact akan kembali mengalami penurunan. Sementara itu, Sukimin memperkirakan pada tahun 2018 ini, penjualan DLSR akan sama stabil seperti tahun sebelumnya.

    Untuk saat ini, Sukimin menilai kamera pada kategori mirrorless premium lebih banyak merujuk pada penggunaan berbasis hobi, dan belum kepada profesional. Namun, Sukimin menyebut tidak menutup kemungkinan bagi kamera mirrorless untuk digunakan oleh konsumen profesional, karena dukungan teknologi yang terus berkembang.

    Sementara itu, Indonesia disebut sebagai salah satu pasar terpenting untuk Nikon, terlihat dari peningkatan nilai investasi yang ditanamkan di negara ini. Salah satu investasi tersebut diwujudkan Nikon melalui pembangunan Nikon College pada pertengahan tahun 2017 lalu.

    Selain itu, Nikon turut mendirikan Nikon Experience Hub di Grand Indonesia Mall, yang mengusung konsep showroom dan memamerkan lebih dari 50 tipe lensa karyanya. Kehadiran Nikon D850 di Indonesia juga menjadi bukti bahwa negara ini merupakan pasar penting bagi perusahaan kamera asal Jepang ini.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id