Unggah Video Menari di Instagram, Remaja Iran Ditangkap

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 Juli 2018 12:41 WIB
    Unggah Video Menari di Instagram, Remaja Iran Ditangkap
    Logo Instagram.
    Jakarta: Beberapa negara memiliki sistem sensor yang ketat terhadap layanan media sosial yang beroperasi di negaranya. Pihak pemerintah juga tidak segan memblokir aksesnya.

    Instagram yang dikenal lewat konten berbagai foto dan video singkatnya merupakan salah satu dari sedikit media sosial yang bisa diakses di kawasan Timur Tengah. Dikutip Gizmodo, baru ini seroang perempuan di Iran ditangkap karena videonya yang populer.

    Dikabarkan bahwa pihak berwenang Iran baru saja menangkan empat remaja perempuan dan satu perempuan dewasa karena mengunggah video mereka sedang menari. Salah satu remaja yang ditangkap diketahui adalah Maedeh Hojabri berusia 17 tahun.

    Kabar ini juga disorot oleh media Inggris, The Guardian. Dijelaskan bahwa pihak berwenang Iran menangkap permepuan tersebut karena mengunggah video tanpa hijab yang merupakan peraturan wajib bagi seluruh perempuan di Iran.

    Tidak sampai disitu, akun Instagram Maedeh Hojabri sempat ditarik dari layanan Instagram sebelum akhirnya kembali bisa diakses. Dia kemudian mengunggah video yang berisi permintaan maaf atas konten yang dia buat.

    Dalam beberapa konten video di Instagram Maedeh Hojabri, terlihat dia cukup aktif membahas tentang tren kegiatan parkour yang tengah populer di Iran bahkan beberapa perempuan Iran melakukan kegiatan tersebut dengan tetap mengenakan hijab.

    Peristiwa ini tentu saja mendapat reaksi pro dan kontra. Reaksi kontra atas penangkapan Maedeh Hojabri dianggap mengancam kebahagiaan masa remaja.

    Hal ini juga berpotensi membuat Instagram ikut diblokir atau mendapatkan pengawasan ketat seperti Facebook dan Twitter di Iran.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id