Kendala Teknis, Satelit Nusantara Dua Gagal Capai Orbit

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 April 2020 23:39 WIB
    Kendala Teknis, Satelit Nusantara Dua Gagal Capai Orbit
    Ilustrasi: Geospatial
    Jakarta: Satelit Nusantara Dua kabarnya gagal mencapai orbit, setelah meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, Provinsi Sichuan, Tiongkok, Kamis 9 April 2020 waktu setempat.

    Informasi ini pertama kali muncul di dua akun media sosial Twitter. Akun pertama adalah @LaunchStuff, yang menampilkan video berupa serpihan dari roket dan satelit tersebut, tak lama setelah terbang.

    Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika sampai saat ini belum memberikan tanggapan. Sementara itu, Palapa Satelit Nusa Sejahtera, perusahaan hasil kerja sama PSN dan Indosat Ooredoo memberikan keterangan singkatnya secara tertulis.

    Menurut mereka, setelah proses lift off berjalan dengan baik, terjadi anomali ketika memasuki tahap pelepasan roket tingkat tiga, sehingga satelit tidak bisa mencapai orbit yang ditetapkan.  

    "Nusantara Dua telah dilindungi oleh asuransi yang sepenuhnya memberikan perlindungan atas risiko peluncuran dan operasional satelit," ujar Presiden Direktur PT PSNS Johanes Indri Trijatmodjo dalam keterangan resminya.

    Satelit Nusantara Dua dibuat oleh China Great Wall Industry Corporation, memiliki berat pada saat diluncurkan 5.550 kilogram dan bobot roket peluncurnya mencapai 425.800 kilogram. Satelit ini dibeli melalui perusahaan gabungan antara PSN dan Indosat Ooredoo bernama PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) yang berdiri sejak tahun 2017.

    Dengan kapasitas 20x36 MHz transponder C-band FSS dan 9.5 gigabits per second (Gbps) HTS, satelit ini diklaim mampu mencakup wilayah seluruh Indonesia, Asia Pasifik, hingga Australia untuk transponder C-band dan seluruh Indonesia untuk HTS.

    Nusantara Dua rencananya akan beroperasi menggantikan satelit Palapa-D milik Indosat Ooredoo yang berada di 113 Bujur Timur (BT).
     
     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id