Apple Ingatkan Pengguna Tidak Tutup Laptop Sembarangan

    Lufthi Anggraeni - 13 Juli 2020 09:00 WIB
    Apple Ingatkan Pengguna Tidak Tutup Laptop Sembarangan
    Apple mengimbau pengguna MacBook untuk tidak menutup perangkat saat aksesori penutup kamera terpasang.
    Jakarta: Apple merilis halaman dukungan yang memperingatkan pemilik MacBook untuk tidak menutup laptop saat aksesori penutup kamera terpasang. Sebab hal ini dapat menimbulkan kerusakan seperti keretakan pada layar.

    Apple menjelaskan bahwa keretakan tersebut terjadi karena jarak antara bodi keyboard dan layar perangkat komputasi karyanya ini dirancang dengan celah sempit. Dan aksesori penutup kamera berbahan plastik dengan mekanisme geser saat ini telah banyak digunakan masyarakat.

    Keretakan ini dinilai The Verge merugikan masyarakat, sebab biaya memperbaiki layar laptop karya Apple ini sangat mahal, bahkan meski memanfaatkan garansi kecelakaan dari AppleCare+. Alih-alih menggunakan penutup kamera, Apple menyarankan pengguna untuk mempercayai lampu LED hijau di sebelah kamera.

    Sebab, lampu yang dapat ditemukan pengguna MacBook Pro dan MacBook Air ini akan menyala setiap kali kamera aktif. Apple juga menjelaskan bahwa kamera perangkat ini dirancang untuk tidak dapat aktif tanpa mengaktifkan lampu indikator kamera.

    Apple juga menyadari bahwa sejumlah pengguna tidak memiliki pilihan terkait lapisan keamanan tambahan dan bahkan diharuskan perusahaan tempat mereka bekerja untuk menggunakan aksesori ini. Pada kasus tersebut, Apple menyebut aksesori penutup harus dilepaskan terlebih dahulu sebelum menutup laptop.

    Sementara itu, MacRumor melaporkan bahwa terdapat sejumlah kasus layar MacBook Pro mengalami keretakan bahkan akibat mengalami tekanan ringan saat laptop dalam kondisi tertutup dan menggunakan aksesori penutup kamera tersebut.

    Plester disebut Apple dapat menjadi alternatif untuk menutup kamera MacBook yang lebih aman jika dibandingkan dengan aksesori penutup kamera berbahan plastik. Namun Apple mengingatkan pengguna untuk tidak menggunakan bahan dengan ketebalan lebih dari 0,1mm.

    Selain itu, Apple juga mengimbau untuk tidak menggunakan penutup kamera dengan bahan perekat yang mudah tertinggal di permukaan lensa kamera. Pengguna juga disarankan untuk memeriksa menu System Preferences dan menu Security and Privacy.

    Pada menu tersebut, pengguna dapat mengelola perizinan aplikasi yang dapat mengakses kamera pada laptop MacBook. Sebelumnya, Apple mengumumkan macOS Big Sur, iterasi terbaru dari sistem operasi untuk desktop karyanya.

    Versi baru ini hadir dengan antarmuka pengguna (UI) baru dan perubahan signifikan pada sejumlah aplikasi utamanya. Fitur utama yang diunggulkan Apple pada macOS Big Sur ini adalah update pada antarmuka penggunanya, dan didukung perubahan paling komprehensif dalam desain macOS sejak perilisan macOS X.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id