Kominfo Dukung Pemberdayaan Perempuan di Industri Teknologi

    Lufthi Anggraeni - 16 September 2020 13:37 WIB
    Kominfo Dukung Pemberdayaan Perempuan di Industri Teknologi
    Kominfo mengumumkan dukungannya terhadap program pemberdayaan perempuan, Girls4Tech.
    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan dukungannya untuk mendorong keterampilan Sains, Teknologi, Engineering atau Teknik, dan Matematika (STEM), melalui program pemberdayaan perempuan di industri teknologi dan komunikasi (TIK) bertajuk Girls4Tech.

    “Untuk meningkatkan peran perempuan di bidang ICT tentunya bukan cuma pemerintah saja, tentunya harus bergandengan tangan dengan pihak, dari pemerintah, swasta, akademisi, dari berbagai pihak,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Niken Widiastuti.

    Niken juga menyebut bahwa pemerintah berkomitmen penuh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perempuan menyoal TIK. Dukungan Kominfo ini juga disebut Niken selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan dalam pidato kenegaraan pada tanggal 14 Agustus lalu.

    Sebagai informasi, program Girls4Tech merupakan program pendidikan yang dicanangkan oleh Mastercard dan YCAB Foundation. Program ini telah dilaksanakan pihak terkait sejak bulan Agustus 2020 lalu.

    Program ini juga merupakan bagian dari Mastercard Academy 2.0 yang didukung oleh pembelajaran dan pelatihan melalui game online. Selain itu, program ini ditujukan untuk memberikan masyarakat perempuan akses lebih luas di ranah teknologi.

    Baik Mastercard dan YCAB Foundation berharap peserta Girls4Tech ini akan dapat memperoleh peluang untuk mengeksplorasi bakat mereka di ranah STEM. Hal ini juga selaras dengan fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo selama lima tahun mendatang, untuk menggencarkan transformasi digital.

    Program ini menargetkan untuk mengedukasi 60.000 ribu siswi kelas 5 Sekolah Dasar hingga kelas 9 Sekolah Menengah Pertama selama tiga tahun di empat wilayah di Indonesia, yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

    Melalui program Girls4Tech, siswi dapat bertemu dan berkolaborasi dengan siswi lainnya dalam menyelesaikan permasalahan dengan memanfaatkan teknologi. Dengan demikian, siswi diharapkan akan dapat mengenali profesi di ranah teknologi digital.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id