Google Duplex Assistant Dapat Menggantikan Pusat Panggilan?

    Lufthi Anggraeni - 07 Juli 2018 13:17 WIB
    Google Duplex Assistant Dapat Menggantikan Pusat Panggilan?
    Google Duplex diperkirakan dapat menggantikan pekerja di industri pusat panggilan.
    Jakarta: Laporan terbaru dari The Information mengklaim bahwa sejumlah perusahaan besar tengah dalam tahap awal pengujian asisten suara berbahasa alami karya Google, Duplex, untuk digunakan pada aplikasi perusahaan seperti pusat panggilan, guna menjawab pertanyaan terkait pelayanan pelanggan.

    Laporan ini muncul saat industri pusat panggilan pelanggan berbasis cloud tengah mengalami peningkatan signifikan, mencapai USD6,8 miliar (Rp97,5 triliun) pada tahun 2017 lalu. Industri ini diprediksi akan mencapai nilai sebesar USD20,9 miliar (Rp299 triliun) pada tahun 2022.
    Dan sejumlah perusahaan yang telah berada di industri ini seperti Amazon, IBM, Microsoft, Cisco, Avaya, dan Genesys, menawarkan solusi pusat panggilan berteknologi cloud. Perwakilan Google menyebut bahwa perusahaannya tidak melakukan pengujian teknologi secara aktif, dengan pelaku bisnis.

    Pelaku bisnis disebut Google dapat mengeksplorasi cara untuk menggunakan teknologi tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Jika berhasil, Google Duplex dapat mengganggu bisnis pusat panggilan dan berpotensi menggantikan pekerja di bisnis tersebut.

    Kemampuan Google Duplex untuk memahami saat pelanggan menelepon dengan perilaku kurang baik dan dengan tanggapan kurang baik.

    Sebagai informasi, Google Duplex merupakan perpanjangan dari Google Assistant dengan kemampuan suara menyerupai manusia saat melakukan panggilan atau berbincang dengan manusia.

    Sebelumnya, Google menggulirkan update berbekal kompatiblitas dengan layar Apple iPhone X untuk aplikasi Inbox. Hal ini berarti pengguna tidak akan lagi menemukan bagian hitam di atas dan bawah tampilan saat mengakses aplikasi ini di iPhone X. 

    Google juga baru saja mematenkan paten terbaru, mengindikasikannya tengah mempersiapkan kemampuan pelacakan fitness dengan bantuan AI. Kemampuan fitness tersebut disebut akan membantu pengguna untuk menjadi lebih aktif dan mencapai tujuan fitness setiap harinya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id