Melihat Pentingnya Peran Warehouse Data untuk Perusahaan

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Oktober 2020 09:45 WIB
    Melihat Pentingnya Peran Warehouse Data untuk Perusahaan
    Ilustrasi
    Jakarta: Penggunaan sistem komputer di berbagai bidang menghasilkan data yang melimpah. Pengambilan berbagai keputusan penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi, bergantung pada data yang terkumpul ini.

    Masalahnya, data berukuran besar yang dihasilkan tersebut tersebar di mana-mana sehingga menyulitkan ketika akan mengolah maupun menganalisisnya.
     
    Untuk mengatasinya, diperlukan data warehouse alias gudang data, dan data disini mengacu pada data transaksi. Seperti namanya, data warehouse ibarat gudang tempat penyimpanan informasi dan data umumnya transaksi yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan disimpan dalam skema terstruktur.
     
    Dengan demikian, keberadaan data warehouse sangat strategis membantu dalam mengambil keputusan manajemen sebuah perusahaan atau organisasi.
     
    Menurut Julyanto Sutandang, CEO Equnix Business Solutions, data warehouse memungkinkan organisasi atau perusahaan bisa dengan mudah dan cepat mengambil keputusan strategis dari analisis menyeluruh dengan set data yang besar.
     
    "Keputusan penting yang diambil sebuah organisasi atau perusahaan harus berdasarkan data dan fakta. Hal ini tidak bisa dilakukan jika datanya terpencar sehingga sulit dikonsolidasi untuk membangun hubungan data dan fakta yang insightful," kata Julyanto.

    "Data warehouse yang memiliki kemampuan Massive Parallel Processing (MPP) dan skalabilitas yang lebih fleksibel memungkinkan tercapainya hal tersebut."
     
    Dengan berbasis data terstruktur yang besar dan kemampuan pemrosesan data yang paralel, memanfaatkan seluruh kemampuan komputing secara efisien menghasilkan keuntungan keputusan bisnis yang strategis dan model prediksi yang akurat. Secara nyata, manfaat penggunaan data warehouse di antaranya adalah:
     
    1. Memahami pelanggan dengan lebih baik, semakin besar data yang diolah maka hasilnya akan semakin akurat.

    2. Meningkatkan pelayanan pelanggan, dengan memahami kebutuhan pelanggan, maka fokus pelayanan akan lebih sesuai.

    3. Memperbaiki kampanye iklan atau pemasaran. Sasaran kampanye lebih berfokus pada kebutuhan yang paling utama.

    4. Membuat perencanaan bisnis yang lebih baik. Dengan demikian belanja riset, pemasaran dan pengambilan langkah strategis akan lebih efektif dan efisien.

    Berdasarkan riset, perusahaan yang mengimplementasikan keputusan berdasarkan data dapat mengalami pertumbuhan rata-rata lebih dari 30 persen per tahun.
     
    Menyadari pentingnya data warehouse untuk berbagai jenis bisnis, Equnix mengklaim menawarkan sistem dengan berbagai fungsi dan manfaat lewat kehadiran Deepgreen DB.
     
    Deepgreen DB adalah solusi data warehouse Massively Parallel Processing (MPP) dengan topologi terkluster dan dapat memproses data sampai dengan Petabyte. 
     
    Sebagai Aplikasi untuk pelaporan yang mumpuni, maka membutuhkan kemampuan proses yang berjalan paralel, mudah dikembangkan di kemudian hari, pemindaian vektor, CPU ditingkatkan kinerjanya.
     
    “Deepgreen DB merupakan versi terbaru dari software data warehouse Greenplum DB. Versi terbaru ini 5 kali lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan analisis data yang maksimal di semua sektor industri,” kata Julyanto.
     
    Dengan menerapkan sistem data warehouse yang canggih, diharapkan sebuah perusahaan atau organisasi dapat lebih jeli dalam melihat tren dan peluang pasar. Dukungan sistem yang canggih akan mendorong sebuah bisnis lebih cepat mengambil keputusan strategis yang berbuah manis dengan mendorong kemampuan untuk melampaui para pesaingnya.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id