Ini Alasan Layar HP Harus Punya Refresh Rate Layar 120Hz

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 Oktober 2020 10:53 WIB
    Ini Alasan Layar HP Harus Punya Refresh Rate Layar 120Hz
    Samsung Galaxy Note 20 Series
    Jakarta: Dalam acara Samsung Galaxy Note 20 beberapa waktu lalu, diperkenalkan salah satu fitur yang tidak asing tapi jadi unggulan utama. Fitur ini adalah refresh rate layar 120Hz di Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

    Selama ini refresh rate tinggi di layar mungkin dipahami hanya untuk bermain game. Padahal, di phablet seperti Samsung Galaxy Note 20 justru kemampuan ini bisa menyajikan pengalaman terbaik lebih dari sekadar gaming.

    Pertama kita harus mengetahui dulu secara sederhana dari teknologi refresh rate di layar. Refresh rate merupakan indikator pengukuran seberapa cepat dan sering konten di layar melakukan refresh. Refresh di sini artinya menampilkan setiap pergerakan atau respons yang diterima layar.

    Efeknya animasi atau respon layar akan semakin halus di mata penggunanya dan terasa merespons dengan cepat. Misalnya, saat Anda menggeser halaman menu di Home Screen smartphone.

    Di layar dengan refresh rate 120Hz, maka layar melakukan refresh sebanyak 120 kali per detik. Makanya bermain game dengan Samsung Galaxy Note 20 bisa menyajikan kualitas grafis yang sangat enak di mata dan berbeda dari layar smartphone lain dengan refresh rate lebih rendah.

    Efek dari refresh rate tinggi juga berpengaruh terhadap latensi. Latensi bisa dipahami sebagai durasi yang dibutuhkan layar smartphone merespons sentuhan di layar. Semakin rendah latensi maka respon semakin cepat.

    Di sini fitur refresh rate tinggi 120Hz di Samsung Galaxy Note 20 bisa menyajikan pengalaman terbaik selain gaming tapi saat menggunakan stylus S Pen yang hadir bersama perangkat tersebut.

    Samsung Galaxy Note 20 punya latensi sangat rendah yaitu 9ms sehingga layarnya bisa merespon sangat cepat sentuhan atau goresan S Pen di permukaannya. Efeknya, Anda terasa seperti menulis dengan pulpen di atas kertas.

    Perpaduan refresh rate tinggi sehingga memiliki latensi rendah ini menjamin pengalaman menggunakan S Pen di Samsung Galaxy Note 20 akan sangat berbeda dari perangkat merek lain yang dilengkapi stylus.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id