TikTok Uji Desain Profil Mirip Instagram

    Lufthi Anggraeni - 05 Februari 2020 13:44 WIB
    TikTok Uji Desain Profil Mirip Instagram
    TikTok tengah menguji desain profil baru dengan tampilan serupa antarmuka pengguna Instagram.
    Jakarta: TikTok dilaporkan tengah menguji desain profil baru dengan tampilan serupa dengan Instagram. Profil baru ini mengubah tata letak foto profil atau disebut dengan istilah avatar dan jumlah pengikut di sisi kiri.
     
    Desain profil baru yang lebih menekankan pada biodata pengguna ini pertama kali ditemukan oleh reporter New York Times Taylor Lorenz. Perwakilan TikTok mengonfirmasi bahwa perusahaannya tengah menguji desain baru, dan berupaya untuk meningkatkan pengalaman penggunaan di aplikasinya.
     
    Selain desain baru, TikTok juga dilaporkan The Verge tengah menguji fungsionalitas baru guna memberikan pengguna jejaring sosial berbasis video dengan durasi singkat ini lebih banyak cara untuk mempersonalisasi dan berkreasi dengan profil mereka.
     
    TikTok meniru antarmuka pengguna Instagram sebagai bagian dari strategi jejaring sosial tersebut. TikTok secara berkala meminjam ide dari kompetitor mereka, sedangkan Instagram juga dikenal masyarakat sebagai jejaring sosial yang juga kerap meniru pesaingnya.
     
    Sebagai pengingat, Instagram dikenal masyarakat setelah meniru model penyampaian konten secara keseluruhan yang digunakan oleh Snapchat. Sebagai informasi, TikTok mencapai 1,5 miliar unduh pada bulan November lalu, dan menjadi aplikasi non-gaming dengan jumlah unduhan terbanyak ketiga selama tahun 2019, mengalahkan Facebook dan Instagram.
     
    Aplikasi dengan pertumbuhan cepat ini kini masuk dalam radar Facebook, sebab Facebook merupakan pemilik Instagram, dan saat ini tengah menguji alat editing video bertajuk Reels. Alat ini merupakan tiruan fitur terbaik TikTok seperti penyesuaian kecepatan dan kemampuan untuk meminjam audio dari video lain.
     
    Sebelumnya, TikTok mencatat rekor baru terkait jumlah unduh, yaitu sebanyak 700 juta kali selama tahun 2019 lalu. Aplikasi media sosial ini juga disebut menunjukan peningkatan secara stabil selama tahun lalu.
     
    Pencapaian ini menempatkan TikTok ke posisi baru, lebih tinggi jika dibandingkan dengan Facebook, meski belum mampu mengalahkan WhatsApp. Sebagai informasi, rekor yang dicatatkan oleh WhatsApp terkait jumlah unduh yaitu sebanyak 800 juta kali.
     
    Sementara itu, CEO Snap Inc Evan Spiegel memberikan pendapatnya terkait pertumbuhan TikTok yang pesat dalam satu tahun terakhir. Spiegel menyebut bahwa TikTok memiliki potensi untuk menjadi aplikasi jejaring sosial lebih besar jika dibandingkan dengan kompetitornya, Instagram.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id