HMS Huawei Bertumbuh 700 Juta Perangkat dan 1,6 Juta Developer

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 Juli 2020 10:07 WIB
    HMS Huawei Bertumbuh 700 Juta Perangkat dan 1,6 Juta Developer
    HMS Core.
    Jakarta: Platform mandiri buatan Huawei yaitu Huawei Mobile Service (HMS) yang kini terpasang di semua smartphone terbaru mereka  menunjukan pertumbuhan pengguna. Hal ini membuktikan bahwa HMS memudahkan sekaligus mengoptimalkan perangkat Huawei.

    Dalam konferensi China Internet Conference ke-19 yang digelar pada tanggal 23 Juli lalu, Huawei mengungkapkan prestasi sekaligus pertumbuhan dari Huawei Mobile Services. Di sisi pengguna, diklaim sudah ada 700 juta perangkat yang menikmati HMS. Angka ini mewakili pertumbuhan 32 persen dari tahun lalu.

    Di sisi developer, Huawei berhasil mengajak 1,6 juta developer untuk menyediakan aplikasi di HMS. Angka tersebut mewakili pertumbuhan 67 persen dari tahun lalu. Ada lebih dari 81.000 aplikasi yang diklaim Huawei sudah terintegrasi dan kompatibel dengan HMS.

    Pencapaian ini tidak terlepas dari usaha Huawei menggelar Shining Star Program, pemberian insentif dengan nilai total USD1 miliar untuk developer aplikasi di seluruh dunia. Huawei mengklaim program ini telah mendorong lahirnya lebih dari 10.000 aplikasi inovatif.

    Aplikasi ini kemudia disebar luaskan ke seluruh perangkat Huawei dengan HMS melalui AppGallery yang kini sudah menyediakan layanan mencakup 170 negara dan wilayah.

    "Dengan cakupan yang luas ini, kami berharap dapat berbagi inovasi digital lokal dengan dunia. Kami ingin setiap aplikasi inovatif yang dikembangkan oleh mitra global kami dapat menjangkau 700 juta pengguna perangkat Huawei," tutur President of Consumer Cloud Services di Huawei Consumer Business Group, Zhang Ping'an.

    HMS juga menyediakan beberapa aplikasi untuk menikmati konten dengan pengalaman terbaik di perangkat Huawei, misalnya Huawei video, Huawei Music, dan Huawei Reader. Bagi developer juga disediakan kemudahan pemasangan aplikasi di platform HMS.

    Developer bisa menikmati layanan Quick App di HMS untuk mendistribusikan aplikasi dengan mudah. Fitur ini juga membantu pengguna untuk menggunakan semua aplikasi di Quick App tanpa harus mengunduh dan memasangnya di perangkat Huawei.

    Kemudian developer juga bisa mengakses kemampuan yang disediakan HMS yaitu chipset-device-cloud melalui HMS Core. Developer bisa menggunakan layanan seperti Huawei Machine Learning, Kit, HiAR, AR Engine, dan sebagainya. Jadi pengguna HMS akan mendapatkan pengalan terbaik dari aplikasi yang sudah dioptimalkan dengan perangkat.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id