Apple Jelaskan Lebih Rinci Chipset A14 Jelang Peluncuran lini iPhone 12

    Lufthi Anggraeni - 16 September 2020 10:15 WIB
    Apple Jelaskan Lebih Rinci Chipset A14 Jelang Peluncuran lini iPhone 12
    Apple menjelaskan secara lebih terperinci menyoal chipset A14 Bionic terbarunya.
    Jakarta: Umumnya, acara yang diselenggarakan Apple pada bulan September menjadi ajang peluncuran lini iPhone baru. Namun tahun 2020 berbeda dari tahun sebelumnya, ajang yang baru saja diselenggarakan ini memperkenalkan Apple Watch dan iPad.

    Mengutip GSM Arena, pada ajang tersebut Apple juga memperkenalkan chipset Bionic yang akan mendukung lini smartphone terbaru Apple, iPhone 12. Chipset ini merupakan chipset pertama di dunia dibangun menggunakan proses 5nm baru.

    Hal ini mengalahkan smartphone Android yang hingga saat ini masih menggunakan chipset yang dibangun menggunakan proses 7nm. A14 Bionic ini berbekal enam core CPU dan GPU quad-core, namun menariknya Apple memilih untuk membandingkan angka performa chipset ini dengan A12 alih-alih dengan A13.

    Apple mengklaim chipset ini menyuguhkan peningkatan performa CPU hingga 40 persen dan peningkatan dalam hal grafis hingga 30 persen. Sebagai pengingat, pada tahun 2019 lalu, Apple mengklaim bahwa A13 Bionic menyuguhkan peningkatan kecepatan sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan A12 Bionic.

    Dengan demikian, A14 Bionic menyuguhkan performa CPU 17 persen lebih cepat dan GPU delapan persen lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya. Peningkatan ini memang tidak besar, namun menawarkan peningkatan efisiensi konsumsi daya lebih baik berkat proses pembangunannya.

    Sementara itu, Apple masih mempertahankan tradisinya dengan tidak membahas soal kecepatan clock, meski menjanjikan masa pakai baterai selama 10 jam pada iPad 4 baru, serupa perangkat tablet pendahulunya.

    Namun, tablet baru ini berbekal baterai 28,6Wh, lebih rendah delapan persen dari 30,8Wh pada perangkat yang diluncurkan pada tahun 2019 lalu. Sayangnya, belum tersedia informasi terkait kemampuan chipset ini dalam menghemat konsumsi daya pada lini iPhone 12.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id