Aplikasi YouTube Android TV Dukung Video 8K

    Lufthi Anggraeni - 30 November 2020 14:39 WIB
    Aplikasi YouTube Android TV Dukung Video 8K
    Google merilis update untuk YouTube for Android TV dengan dukungan video beresolusi hingga 8K.
    Jakarta: YouTube menambahkan dukungan untuk video beresolusi 8K pada tahun 2015 lalu, jauh sebelum kamera 8K atau TV dapat diakses dengan mudah. Lima tahun kemudian, produsen smartphone menghadirkan perangkat unggulannya dengan kemampuan merekam video 8K.

    Selain itu, juga tersedia TV yang telah didukung kemampuan menyajikan konten dengan resolusi 8K ini. Smartphone dan TV ini mungkin ditawarkan dengan harga tinggi, namun bukan berarti tidak dapat dijangkau oleh masyarakat.

    Mengutip GSM Arena, kini Google menggulirkan update untuk aplikasi YouTube versi TV Android. Daftar perubahan resmi update ini menyebut bahwa versi baru ini menambahkan dukungan 8K terbatas pada perangkat versi Android 10 dan lebih tinggi.

    Sayangnya saat ini masih belum tersedia penjelasan terkait maksud dari kata terbatas. Meskipun demikian, kualitas dan stabilitas jaringan internet juga berdampak pada kualitas gambar yang disuguhkan oleh video beresolusi 8K ini.

    Daftar perubahan ini menyebut bahwa update YouTube untuk Android TV versi 2.12.08 hadir dengan dukungan Cast Connect, tampilan layar kilasan untuk YouTube Music, dukungan 8K terbatas untuk Android 10 dan seterusnya.

    Selain itu, update ini juga mengusung pilihan resolusi lebih baik, perbaikan untuk permasalahan waktu dan tanggal yang tidak tepat, serta berbagai perbaikan untuk fitur lain di platform ini. Sementara itu, dukungan untuk Cast Connect pada update ini merupakan versi lebih baik dari protokol awal.

    Dukungan ini mempermudah pengembang untuk membangun aplikasi yang kompatibel dengan Cast. Aplikasi ini akan dapat dikendalikan menggunakan remote TV, sehingga mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan lebih alami.

    Antarmuka aplikasi versi baru ini juga telah diselaraskan dengan dukungan resolusi 8K ini. Dan pada daftar perubahan versi sebelumnya juga menyebutkan kemampuan pemutaran AV1 HDR, namun pada tidak dapat ditemukan pada daftar terbaru, dan digantikan dengan Cast Connect.

    YouTube versi Android TV menambahkan dukungan AV1 pada bulan April 2020 laly, namun dilaporkan masih mengembangkan kemampuan terkait HDR.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id