comscore

Pusat Satelit PBB Gandeng NVIDIA untuk Dorong Target Pengembangan Berkelanjutan

Lufthi Anggraeni - 25 Juni 2022 11:32 WIB
Pusat Satelit PBB Gandeng NVIDIA untuk Dorong Target Pengembangan Berkelanjutan
PBB menggandeng NVIDIA untuk mendorong agenda pengembangan berkelanjutan.
Jakarta: Untuk mendorong aksi iklim untuk lingkungan global yang sehat, Nvidia bekerja sama dengan United Nations Satellite Center (UNOSAT) untuk menerapkan kekuatan teknologi deep learning dan AI.

"Berkolaborasi dengan Nvidia akan memungkinkan kami untuk menutup celah dari penelitian AI hingga implementasi solusi iklim dalam waktu sesingkat mungkin, memastikan bahwa populasi yang rentan dapat memperoleh manfaat dari teknologinya,” ujar Direktur UNOSAT Einar Bjørgo.
Upaya mendukung Agenda untuk Pengembangan Berkelanjutan 2030 badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) atau UN, intinya memiliki 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yang saling terkait.

SDG ini termasuk tindakan iklim serta kota dan komunitas berkelanjutan, berfungsi sebagai seruan untuk bertindak bagi semua negara anggota PBB untuk meningkatkan kesejahteraan global.

Kolaborasi antara UNOSAT, bagian dari United Nations Institute for Training and Research, dan Nvidia awalnya terfokus untuk mendorong manajemen bencana terkait iklim dengan menggunakan AI for Earth Observation (AI4EO).

AI4EO merupakan istilah yang menekankan pada inisiatif menggunakan AI untuk membantu mengawasi dan menilai perubahan di planet. Untuk mempercepat penelitian dan pengembangan untuk upaya AI4EO, UNOSAT akan mengintegrasikan infrastruktur teknologi citra satelitnya dengan platform komputasi terakselerasi Nvidia.

Sistem citra didukung AI akan menghimpun dan menganalisa informasi geospasial untuk menyediakan insight hampir langsung terkait banjir, kebakaran hutan, atau bencana terkait iklim lainnya. Selain itu, UNOSAT telah meluncurkan modul edukasi yang disusun berbasis kursus Nvidia Deep Learning Institute (DLI).

Modul tersebut terkait dengan penerapan metode pembelajaran mendalam untuk menghasilkan model deteksi banjir yang akurat. UNOSAT juga akan meningkatkan infrastruktur teknologi citra satelitnya dengan Nvidia DGX sistem, yang akan memungkinkan pengembangan AI dalam skala besar.

selain itu, UNOSAT juga akan memanfaatkan platform Nvidia EGX, diklaim akan memberikan kekuatan komputasi yang dipercepat dari pusat data ke edge. Teknologi Nvidia disebut UNOSAT mempercepat deteksi banjir berbasis AI hingga tujuh kali, mencakup area lebih luas dengan akurasi.

UNOSAT telah mengembangkan modul untuk kursus online gratis Deep Learning Institute, mencakup cara membangun model pembelajaran mendalam untuk mengotomatisasi deteksi peristiwa banjir.

Disaster Risk Monitoring Using Satellite Imagery merupakan kursus pertama Nvidia dari banyak kursus yang telah direncanakan, terfokus pada aksi iklim untuk komunitas sektor publik global. Modul UNOSAT, berbasis pada studi kasus nyata UN, menggarisbawahi contoh dari peristiwa banjir di Nepal.

Dalam kolaborasi dengan Nvidia, UNOSAT menawarkan modul secara gratis dengan tujuan meningkatkan keterampilan ilmuwan data di seluruh dunia untuk memanfaatkan komputasi yang dipercepat untuk memprediksi dan merespons bencana terkait iklim.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id