comscore

Ikuti Ghozali Everyday, Banyak Selfie KTP Orang Indonesia Bertebaran di OpenSea

Sri Yanti Nainggolan - 16 Januari 2022 13:11 WIB
Ikuti Ghozali Everyday, Banyak <i>Selfie</i> KTP Orang Indonesia Bertebaran di OpenSea
Selfie KTP di OpenSea. Twitter @Cryptofess_
Jakarta: Tenarnya Ghozali Everyday yang menjual foto dirinya  situs Non-Fungible Token (NFT) OpenSea memberi dampak tersendiri. Kini, bertebaran foto orang-orang berswafoto (selfie) dengan memegang KTP. 

"Terkutuklah orang2 latahan yang jadiin opensea jadi tempat sampah, NFT yang harusny mensejahterakan kreator seni malah dijadiin ladang "yang penting cuan" dengan hal sampah!" tulis akun @Cryptofess_ dikutip Minggu, 16 Januari 2022. 
Akun Crypto Fess menampilkan gambar berbagai foto orang selfie dengan KTP di OpenSea. Terlihat akun Indonesia identity card (KTP) collection yang membagikan foto-foto tersebut. 

Hal ini menarik perhatian netizen. Mereka berpendapat ini pelanggaran hukum karena membagikan data pribadi. Namun, tak sedikit yang menilai orang-orang tersebut hanya ingin cepat terkenal dan mendapat uang seperti Ghozali Everyday. 
 
"yg kayak gini bisa dilaporin gk sih ke polisi, udah ngelanggar hukum bgt soalnya," ucap @@ldv***. 

"Harusnya saat berita Ghozali di up dibarengi juga dengan informasi apa itu NFT dan bagaimana cara kerjanya, udah tau orang ind0 goblok2 dan latah kek gini, dipikir post foto apa aja langsung cuan, kmren liat ada foto anak bayinya juga di up ke OpenSea hadeuhh," tutur @cheezychee***. 

"ah yes, orang-orang indon dengan segala ke-fomo-annya. ngga akan pernah siap sama era internet 4.0 yang diidam-idamkan oleh pemrenta," kata @croixsa***.

"Kemungkinan besar agent pinjol sih, siapa lagi yang punya koleksi foto selfie sambil megang ktp bejibun kaya gitu," asumsi @UsadaBeko***. 

Baca: Ghozali Bakal Bayar Pajak, Netizen: Emang Kripto Ada Pajak?
 

Ghozali Everyday jadi miliarder lewat NFT

Mahasiswa asal Semarang, Jawa Tengah, Sultan Gustaf Al Ghozali, viral di media sosial usai menjual foto selfie di  situs Non-Fungible Token (NFT) OpenSea. Dari sekadar iseng, Ghozali malah meraup untung miliaran rupiah.

"Kirain enggak bakal laku, makanya harga awal US$3 sengaja, agar tidak ada yang beli," kata Ghozali dalam tayangan Newsline di Metro TV, Jumat, 14 Januari 2022.

Ghozali mengumpulkan foto selfie miliknya selama lima tahun dengan total 933 foto. Dia telah meraup untung sebesar Rp1,5 miliar.

(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id