Apple Matikan Walkie-Talkie Akibat Eksploitasi Berbahaya

    Lufthi Anggraeni - 12 Juli 2019 12:50 WIB
    Apple Matikan Walkie-Talkie Akibat Eksploitasi Berbahaya
    Apple menonaktifkan fitur Walkie Talkie di Apple Watch akibat temuan bug penguping pembicaraan.
    Jakarta: Apple telah menonaktifkan layanan Walkie Talkie pada Apple Watch, akibat ekploitasi tidak diketahui yang memungkinkan orang asing untuk mendengarkan pembicaraan secara diam-diam via mikrofon Apple Watch tanpa sepengetahuan pemilik perangkat.

    Kepada TechCrunch, Apple mengaku baru mengetahui permasalahan ini dan menyebut tidak mempercayai kerentanan ini akan dimanfaatkan oleh seseorang. Apple masih enggan mengungkapkan sifat dari bug tersebut.

    Apple menyebut permasalahan ini membutuhkan urutan peristiwa tertentu untuk dapat terjadi, sehingga bug ini terkesan rumit dan bukan hal yang dapat terjadi secara tidak sengaja. Hal ini berbeda dengan bug Group FaceTime pada awal tahun ini, yang dengan mudah terjadi pada siapapun.

    Saat ini, layanan Walkie-Talkie telah dinonaktifkan, dan aplikasi ini tidak akan dapat digunakan hingga Apple dapat memperbaiki permasalahan tersebut. Belum diketahui permasalahan ini dapat diselesaikan hanya melalui sisi server atau Apple perlu merilis update ke Apple Watch.

    Salah satu permasalahan yang juga muncul setelah insiden privasi Group FaceTime adalah bahwa Apple tidak menanggapi laporan yang diterimanya beberapa hari sebelum bug menjadi bahan pembicaraan dan menjadi viral.

    Dengan respon Walkie-Talkie ini, Apple menyebut baru saja menyadari keberadaan bug ini, mengindikasikan proses keamanan mereka telah ditingkatkan. Sebelumnya, Analis yang dikenal akurat dalam memprediksi strategi Apple, Ming-Chi Kuo mengungkap bahwa iPhone keluaran tahun 2020 akan berbekal modul kamera TrueDepth berukuran lebih kecil.

    Ini berarti, Apple dapat membuat iPhone dengan poni layar lebih kecil. Kuo menjelaskan, iPhone baru Apple ini akan hadir dengan sensor kamera depan berukuran lebih kecil, memungkinkan Apple mengurangi ukuran poni layar secara keseluruhan.

    Apple diperkirakan meluncurkan empat model iPhone pada tahun depan. Menurut laporan JPMorgan, alasannya adalah untuk meningkatkan penjualan iPhone. Analis memprediksi Apple akan meluncurkan tiga ponsel berpanel layar OLED baru dengan dukungan modem 5G.
     
    Setidaknya dua dari tiga perangkat itu akan berbekal kamera bersensor Time of Flight (ToF). Apple juga dikabarkan akan merambah pasar ponsel cerdas berharga terjangkau. Tiga iPhone unggulan Apple diprediksi akan mengusung ukuran layar 5,4 inci, 6,1 inci, dan 6,7 inci.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id