Kapan Android 10 Masuk Smartphone Anda?

    Mohammad Mamduh - 17 September 2019 10:17 WIB
    Kapan Android 10 Masuk Smartphone Anda?
    Ilustrasi: Tech Radar
    Jakarta: Sistem operasi Android 10 telah meluncur sejak 3 September lalu. Seperti biasa, pembaruan OS dari berbagai produsen smartphone memiliki jeda waktu yang cukup lama.

    Google selalu menggulirkan versi teranyar OS mereka ke dalam jajaran ponsel Pixel lebih dahulu. Ini karena mereka tidak memerlukan kustomisasi khusus yang biasanya ditambahkan oleh para produsen lainnya.

    Pertanyaannya adalah kapan Android 10 masuk ke ponsel pengguna non-Pixel? Sejauh ini sudah ada beberapa informasi yang menyebut tanggal pembaruan OS untuk beberapa vendor ponsel besar.

    Sebut saja Samsung, Huawei, Xiaomi, LG, ASUS, dan Nokia. Nama-nama yang disebutkan adalah mereka yang masih menjual produknya di Indonesia.

    Belum ada informasi resmi, tetapi Samsung diprediksi memasok Android 10 ke jajaran ponselnya pada awal 2020. Ponsel yang mendapatkan pembaruan adalah jajaran Galaxy S10 dan Galaxy Note 10.

    Ini berarti varian lain seperti Galaxy S10e dan Galaxy Note 10 Plus juga kebagian Android 10. Sementara untuk generasi sebelumnya, OS Android terbaru akan terpasang pada rumpun Galaxy S9 dan Galaxy Note 9.

    Untuk Huawei, Android 10 dijadwalkan tiba di P30 dan P30 Pro per November mendatang. Mate 20 dan Honor 20 juga akan kedatangan update tersebut pada bulan Desember.

    Huawei P30 Lite, seri P20, dan Mate 10 juga ikut kebagian, tetapi diprediksi baru terpasang pada awal 2020. Belum ada kepastian apakah seri ponsel Huawei juga ikut mendapatkan Android 10.

    Nokia menyatakan hampir semua ponsel Android yang mereka garap mendapatkan Android 10. Ini terhitung dari seri Nokia 1 sampai Nokia 8, sudah termasuk varian Plus dan ada penambahan embel-embel “.1”.

    Jadwal pembaruan setiap perangkat akan bervariasi, yang paling tercepat adalah kuartal empat 2019 sampai paruh pertama 2020. Sementara Xiaomi menjadwalkan Android 10 untuk Mi 9 dan Mi 9T pada bulan Oktober atau November.

    Rumpun Redmi yang kini menjadi entitas mandiri kemungkinan memamerkan Android 10 lewat ponsel terbarunya nanti. ASUS diprediksi memasang Android 10 untuk ROG Phone dan ROG Phone 2 tahun depan.

    Melanjutkan tradisi sebelumnya, jajaran smartphone yang terlebih dahulu mendapatkan OS terbaru masuk ke dalam kelas menengah atas dan premium. Kemudian disusul rumpun menengah ke bawah dan kelas terjangkau.

    Kelas terjangkau memang tidak mendapatkan prioritas, dan seringkali tidak mendapatkan pembaruan OS, dengan berbagai pertimbangan dari para produsen ponsel.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id