Microsoft Rombak Tim Pengembang Windows

    Lufthi Anggraeni - 10 Agustus 2020 15:55 WIB
    Microsoft Rombak Tim Pengembang Windows
    Microsoft melanjutkan perubahan pada visi Windows, mengindikasikan peralihan fokusnya.
    Jakarta: Microsoft tengah melakukan sejumlah perubahan signifikan terkait caranya menjalankan divisi Windows pada pekan ini. Hal ini mengindikasikan pembaruan fokus pada sistem operasi yang membesarkan nama perusahaannya tersebut.

    Mengutip The Verge, raksasa software ini menempatkan pemimpin Surface Panos Panay sebagai penanggung jawab untuk Windows pada awal tahun 2020 ini, dan kini melakukan proses reshuffling dari bagian dari tim Windows.

    Langkah ini merupakan kelanjutan dari keputusan Microsoft untuk membagi Windows menjadi dua bagian yang diumumkannya pada dua tahun lalu, setelah kepergian mantan bos Windows Terry Myerson. Microsoft mengalihkan pengembangan Windows inti ke tim cloud dan AI (Azure).

    Selain itu, Microsoft juga membentuk grup baru untuk mengembangkan pengalaman Windows 10 seperti aplikasi, menu Start dan fitur baru. Kini, Microsoft memindahkan bagian dari pengembangan Windows di bawah pengendalian Panos Panay.

    Secara spesifik, hal ini berarti dasar Windows dan tim pengembang pengalaman telah dikembalikan ke divisi yang sebelumnya disebut sebagai tim Windows. Hal ini mengindikasikan bahwa pemecahan besar di tim tersebut tidak berjalan sesuai rencana Microsoft sebelumnya.

    Sementara itu, memo internal dari Panos Panay yang beredar menjelaskan secara detail terkait perubahan yang dilakukan oleh Microsoft tersebut. Sejumlah bagian utama Windows, khususnya sisi teknis, akan tetap mendukung divisi Azure.

    Namun, proses reshuffle Microsoft dalam mengorganisasi ulang Windows sehingga dapat didistribusikan dan dapat mengirimkan update secara lebih teratur. Perubahan ini juga selaras dengan pengembangan aplikasi Project Reunion Microsoft.

    Project Reunion menjadikan aplikasi win32 dan UWP lebih terintegrasi dengan tim Windows. Tim Windows Microsoft di bawah kepemimpinan Panay masih akan berkolaborasi erat dengan tim teknis inti Windows pada divisi Azure.

    Namun reshuffle ini disebut akan menjadikan Microsoft lebih konsisten dan fokus terhadap Windows. Panay menyebut Windows merupakan kerjasama, dan inovasi serta kesuksesan hanya dapat diperoleh melalui kolaborasi erat dengan tim lain di seluruh Microsoft.

    Fokus lebih besar pada Windows di dalam perusahaan Microsoft yang terealisasi selama pandemik Covid-19 membuktikan pentingnya sistem operasi. Penggunaan Windows mengalami peningkatan signifikan sebab pekerja dan pelajar di seluruh dunia lebih mengandalkan PC dan laptop dibandingkan dengan ponsel mobile untuk dapat bekerja dan belajar dari rumah.

    Pengapalan PC juga mengalami peningkatan sebab bisnis tengah beradaptasi dengan realitas baru. Microsoft menyadari perubahan tersebut pada awal tahun 2020, dan mengalihkan sistem operasi Windows 10X untuk terfokus pada laptop alih-alih perangkat layar ganda.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id