HP Android dan iPhone Lama Dipakai Jadi Lemot? ini Alasannya!

    Cindy - 28 November 2021 16:55 WIB
    HP Android dan iPhone Lama Dipakai Jadi Lemot? ini Alasannya!
    Ilustrasi pembaruan sistem operasi android.



    Jakarta: Banyak pengguna Android dan iPhone mengeluhkan handphone (hp) yang semakin lemot setelah lama dipakai. Terlebih saat Google dan Apple merilis sistem operasi (OS) baru. 

    Associate Professor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Universitas CQ Australia, Michael Crowling, dan Dosen dari Universitas CQ Australia, Amy Johnson mengungkap alasan hp Android dan iPhone menjadi semakin lemot setelah lama dipakai. Berikut beberapa temuan keduanya terkait hp Android dan iPhone menjadi lemot:

    1. Peningkatan OS untuk fitur terbaru

    ilustrasi handphone. Nextpit
    ilustrasi handphone. Nextpit.

     



    Dilansir The Next Web, pembaruan OS baik Android maupun iPhone biasanya memperbarui fitur-fitur yang ada pada HP tersebut. Misalnya, peningkatan Facetime, peningkatan asisten suara, atau desain sistem yang lebih menarik. 

    Namun, fitur-fitur tersebut sebetulnya diluncurkan untuk perangkat baru yang biasanya rilis pada pertengahan tahun. Sehingga, pembaruan OS berguna untuk mendukung kinerja perangkat baru serta terus bekerja dengan perangkat lama yang tidak mendukung fitur baru tersebut.

    Baca: Cara Uninstall Beberapa Aplikasi Android Sekaligus

    2. Kinerja HP meningkat

    HP lama tidak menerima fitur baru dari peningkatan OS memang terlihat cukup adil. Namun, mengapa peningkatan OS malah membuat fitur yang ada menjadi lebih lambat? 

    Ketika melakukan pembaruan OS, maka produsen harus menyesuaikan OS dengan perangkat terbaru. Ini guna memuaskan konsumen yang membeli perangkat baru agar mendapat fitur terbaru juga. Keadaan ini lah yang membuat ponsel-ponsel lama menjadi lebih lemot. Sebab, perangkat lama tidak mampu mengejar kemampuan sistem operasi terbaru. 

    Lantas bisakah pengguna tetap menggunakan OS lama? Bisa saja, namun biasanya pengguna juga bakal ketinggalan fitur terbaru. Bisa jadi dukungan keamanan untuk OS yang lama tak lagi didukung dan membuat hp rentan peretasan. 

    3. Mode bisnis vendor

    Masalah hp yang semakin lemot setelah lama dipakai bisa saja untuk mendongkrak penjualan produk baru yang mereka jual. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena produsen hp berada dalam lingkaran bisnis untuk menghasilkan uang. 

    Namun, Michael Crowling dan Amy Johnson mengaku sulit membuktikan produsen sengaja memperlambat ponsel dengan pembaruan sistem. Kode sistem merupakan sumber tertutup sehingga para ahli tidak bisa memeriksanya. 

    Jika memang pembaruan sistem operasi membuat ponsel Anda menjadi lemot, ada baiknya menunda pembaruan tersebut. Namun jika pembaruan untuk meningkatkan kualitas keamanan dan tidak menyertakan fitur terbaru, maka tidak masalah memperbarui sistem. 

    Baca: 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Gratis untuk Android dan iOS

    (CIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id