Western Digital Bawa Seri SSD WD Blue Berbasis NVMe

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 Mei 2019 17:42 WIB
    Western Digital Bawa Seri SSD WD Blue Berbasis NVMe
    SSD NVMe WD Blue SN500.
    Jakarta: Western Digital memperkenalkan SSD NVMe WD Blue SN500 yang diklaim memiliki performa tiga kali lipat ketimbang yang berbasis SATA. Seri WD Blue sendiri sudah dikenal membidik konsumen yang kerap menjalankan aplikasi berat sekaligus multitasking.

    Pihak Western Digital menjelaskan produk ini masih menggunakan arsitektur buatan WD sendiri. Arsitektur komponen tersebut sudah digunakan pertama kali pada SSD NVMe WD Black SN750 yang ditujukan untuk gamer. Medcom.id juga pernah menguji performa dari SSD NVMe WD Black SN750.

    SSD NVMe WD Blue SN500 juga masih menggunakan teknologi 3D NAND, serta firmware dan controller milik Western Digital. Diklaim mampu memberikan kecepatan baca sekuensial 1700MBps dan kecepatan tulis sekuensial 1450MBps (model 500GB). Konsumsi dayanya hanya 2,7W.

    Performa tersebut diyakini Western Digital akan membuat perangkat penyimpanan berbasis SSD NVMe semakin banyak diminati ketimbang versi SATA yang sudah populer di pasar.

    "Transisi konten dari 4K dan 8K berarti hal ini adalah waktu yang tepat bagi para editor foto, pembuat konten, pengguna data besar, dan penggemar PC untuk bertransisi dari SATA ke NVMe," tutur VP Marketing, Data Center, and Client Computing Western Digital, Eyal Bek.

    Hal ini didorong kebutuhan kecepatan tulis dan baca yang membuat pengalaman menjalankan aplikasi atau membuka file berukuran besar jauh lebih cepat.

    "Industri PC terus bertransisi dari protokol SATA ke NVMe, bersamaan dengan harapan dari konsumer bahwa komputer terus semakin cepat dan lebih responsif," ungkap ahli riset pasar perangkat penyimpanan dari TrendFocus, Don Jeanette.

    "Di dalam segmen mainstream, para pembuat konten secara konsisten melakukan banyak hal, seperti menyunting video 4K atau 8K, membuat dan streaming konten, serta mengelola sejumlah besar data secara internal," jelas Jeanette.

    SSD NVMe WD Blue SN500 bisa digunakan untuk PC dan laptop. Varian kapasitas 250GB dibanderol Rp975 ribu sementara kapasitas 500GB di harga Rp1,4 juta. Produk ini juga tersedia dalam varian form factor M.2 2280 PCIe Gen3 x2.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id