“Pandemi telah banyak mengubah pola hidup banyak orang, maka program baru Line ini kami harap bisa mendorong kebaikan. Kira butuh teman, kita butuh share. Kita butuh sesuatu positif yang jadi masukan ke kita,” ujar Lead PR & Marketing Line Indonesia Trisiska Hapsari.
Sebagai informasi, program ini merupakan program kelima dalam momen Ramadan Line sejak tahun 2017 lalu. Salah satu fitur yang dipersiapkan Line untuk bulan Ramadan bertajuk Ngabuburit Warga Terbaik.
Fitur ini memanfaatkan fitur percakapan terbuka atau open chat yang telah tersedia di aplikasi Line. Pada Ramadan tahun ini, pengguna akan dapat menemukan ruang percakapan resmi yang dihadirkan Line sebagai wadah berbagi untuk pengguna anonim.
Fitur lainnya bertajuk Cerita Ramadan, memungkinkan pengguna berbagi cerita via akun Twitter dan menggunakan tagar #ceritaramadan. Cerita tersebut akan dikurasi oleh tim Line dan akan dimuat ulang pada platform resmi Line.
Cerita yang dimuat ulang tersebut berkesempatan mendapatkan hadiah dari Line setiap minggunya. Selain itu, Line juga mempersiapkan fitur terkait ibadah guna mendukung semangat pengguna meningkatkan ibadah selama Ramadan.
Fitur tersebut termasuk pengingat sholat, diklaim Line mengalami peningkatan jumlah pengguna signifikan pada tahun 2020 jika dibandingkan pada tahun 2019 lalu, sebesar tiga kali lipat. Tidak hanya fitur serius, Line juga mempersiapkan fitur menyenangkan untuk Ramadan tahun ini, berupa avatar spesial Ramadan.
Selain avatar dengan berbagai pilihan tampilan, Line juga menyediakan berbagai stiker gratis yang dapat digunakan pengguna dalam interaksi di platformnya. Fitur lain yang tidak secara khusus hadir untuk memeriahkan Ramadan juga mendapatkan perubahan menjelang bulan suci umat muslim ini.
Fitur tersebut adalah Line Today, yang akan membagikan sesi khusus berupa rekomendasi resep setiap sore hari selama Ramadan tahun ini.
(MMI)