Peneliti Temukan Malware di 30.000 Apple Mac

    Lufthi Anggraeni - 23 Februari 2021 14:12 WIB
    Peneliti Temukan Malware di 30.000 Apple Mac
    Peneliti menemukan malware yang mengancam hampir 30.000 perangkat Apple Mac.



    Jakarta: Peneliti keamanan dari Malwarebytes dan Red Canary melaporkan temukan malware misterius yang bersembunyi di hampir 30.000 produk karya Apple, Mac. Peneliti menyebut bahwa malware ini dirancang untuk mengirimkan informasi yang masih belum diketahui.

    Mengutip The Verge, malware ini yang disebut peneliti sebagai Silver Sparrow ini juga dilengkapi dengan mekanisme penghancur diri, memungkinkannya menghilangkan berbagai jejak terkait keberadaannya.






    Peneliti dari Red Canary melaporkan informasi lebih detail terkait dengan temuan malware ini, termasuk kehadiran sejumlah versi dari Silver Sparrow yang menyasar baik perangkat dengan dukungan chipset Intel dan Mac dengan dukungan prosesor terbaru Apple, M1.

    Informasi ini dinilai sejumlah pihak mengejutkan, mengingat M1 merupakan chipset yang belum lama dirilis Apple, sehingga belum banyak kelemahan dari chipset ini yang diketahui pihak eksternal Apple.

    Selain itu, temuan ini juga menjadikan Silver Sparrow ini sebagai malware kedua yang dipublikasikan menyerang chipset Apple Silicon. Sebagai informasi, malware pertama ditemukan oleh peneliti keamanan Objective-See Patrick Wardle, yang diungkapkan kepada publik sekitar satu pekan lalu.

    Namun, Silver Sparrow dilaporkan tidak dapat menutupi jejaknya sebelum dikeluarkan dari perangkat. Selain itu, belum terdapat indikasi bahwa malware ini telah dimanfaatkan untuk membuat kerusakan.

    Meskipun demikian, Red Canary memperingatkan bahwa Silver Sparrow merupakan ancaman cukup serius dan tidak dapat diremehkan. Sebab, malware ini memiliki kompatibilitas terhadap chipset M1, jangkauan global, tingkat infeksi relatif tinggi dan operasional yang matang.

    Selain itu, peneliti turut memperingati bahwa transisi Apple dari chipset Intel ke Silicon karyanya berpotensi memberikan celah yang memudahkan peretas dalam menyisipkan malware. Red Canary juga menyebut bahwa pihaknya berupaya berbagi informasi temuan mereka terkait  malware ini lebih cepat.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id