Intel Umumkan Thunderbolt 4

    Lufthi Anggraeni - 09 Januari 2020 13:04 WIB
    Intel Umumkan Thunderbolt 4
    Intel juga mengumumkan konektor eksternal terbarunya, Thunderbolt 4, di ajang CES 2020.
    Las Vegas: Selain prosesor mobile lini Tiger Lake, Intel juga mengumumkan lini CPU baru dengan dukungan konektor eksternal terbarunya, Thunderbolt 4, di ajang CES 2020. Namun, standar baru ini disebut tidak lebih cepat dibandingkan dengan Thunderbolt 3.
     
    Intel belum mengungkap informasi detail terkait dengan konektor terbarunya ini, namun mengklaim bahwa Thunderbolt 4 berkemampuan lima kali lebih cepat jika dibandingkan USB 3.1, 10Gbps.
     
    Kecepatan ini disebut GSM Arena dapat mencapai hingga 40Gbps. Standar Thunderbolt baru ini juga menggunakan USB-C. Belum tersedia informasi terkait dengan basis yang digunakan Thunderbolt 4 ini, PCIe 4.0, PCIe 3.0 seperti Thunderbolt 3 atau 4. Intel berjanji akan mengumumkan spesifikasi secara lebih detail di kemudian hari.
     
    Sebagai informasi, USB 4 masih berbasis Thunderbolt 3 dengan kecepatan yang sama. Selain itu, USB 4 juga bebas royalti sehingga diperkirakan akan pengadopsian standar ini akan lebih luas jika dibandingkan Thunderbolt.
     
    Sementara itu, chipset Tiger Lake akan diproduksi dengan menggunakan proses 10nm+, dan komputer pertama yang didukung chipset ini akan mulai dikapalkan pada akhir tahun 2020. Sedangkan arsitektur grafis Xe juga akan digunakan untuk GPU diskrit, dikenal masyarakat sebagai DG1.
     
    Sebelumnya, Intel memamerkan kartu grafis diskrit perdana mereka, DG1, yang menjadi langkah baru Intel dalam kembali bersaing di industri PC. Dalam sebuah eksibisi di CES 2020, mereka menampilkan demonstrasi game Destiny 2 yang dijalankan dengan DG1.
     
    Intel mengklaim chip Xe yang terintegrasi dengan Tiger Lake akan memberikan performa grafis hingga dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Ini berarti DG1 akan menghadirkan performa yang lebih kencang.
     
    Spekulasi Tom’s Hardware menyebut bahwa generasi awal DG1 hanya merupakan versi terpisah dari apa yang terpasang pada prosesor Tiger Lake. Jika spekulasi tersebut cocok, ini bisa menjadi peluang Intel dalam menerapkan sinkronisasi CPU dan GPU yang lebih mudah dan cepat.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id