2020, WhatsApp Tinggalkan Jutaan Smartphone

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Desember 2019 10:00 WIB
    2020, WhatsApp Tinggalkan Jutaan Smartphone
    Ilustrasi.
    Jakarta: Aplikasi WhatsApp jadi salah satu aplikasi chat atau komunikasi yang digunakan oleh banyak smartphone. Aplikasi ini juga dikenal selalu memberikan update di sistem operasi perangkat yang menggunakannya.

    Tentu saja hal ini dibarengi dengan pengumuman bahwa aplikasi mereka tidak lagi bisa berfungsi atau mendukung smartphone yang sistem operasinya sudah lawas atau tidak menerima update.

    Kabar buruknya jelang 2020 akan banyak smartphone yang tidak lagi didukung oleh WhatsApp atau tidak lagi mendapatkan update dan fitur baru. Dikutip dari Trusted Reviews akan ada jutaan smartphoe yang tidak bisa lagi merasakan fitur baru WhatsApp, apa saja?

    Pertama, WhatsApp akan mengakhir semua dukungannya pada tanggal 31 Desember 2019 untuk aplikasi di sistem operasi Windows Phone. DIketahui bahwa Windows Phone adalah produk milik Microsoft yang dibangun setelah mengakuisisi bisnis perangkat ponsel Nokia.

    Windows Phone sendiri sudah berhenti diproduksi oleh Microsoft sejak beberapa tahun lalu. Jadi sudah waktunya Anda mulai berganti ke smartphone baru dengan sistem operasi Android atau iOS. WhatsApp juga akan menghentikan dukungannya di Android dan iOS versi lawas.

    Informasi kedua menyebutkan WhatsApp akan menghentikan dukungan di smartphone berbasis Android versi 2.3.7 atau Gingerbread mulai tanggal 1 Februari 2020. Sistem operasi Android Gingerbeard memang sudah sangat lawas karena dirilis pada tahun 2011.

    Ketiga, WhatsApp di sistem operasi iOS atau iPhone juga bakal berhenti menerima dukungan atau update. iPhone yang akan menerima nasib buruk ini adalah iPhone yang masih menggunakan sistem operasi iOS 8 atau lebih lawas lagi.

    Dukungan WhatsApp akan dicabut dari iPhone berbasis iOS 8 atau di bawahnya pada tanggal 1 Februari 2020. Pihak WhatsApp menyatakan bahwa pencabutan dukungan ini juga akan berpengaruh kepada iPhone yang statusnya jailbreak.

    Melihat sistem operasi yang tidak menerima dukungan WhatsApp maka langkah yang dilakukan anak perusahaan dari Facebook Inc ini tidak salah. Sistem operasi yang ditinggalkan adalah versi lama yang mungkin tidak relevan lagi dnegan fitur terbaru dari aplikasi.

    Pihak Google sebagai penyedia Andorid dan Apple via iOS juga sudah tidak lagi memberikan update kepada sistem operasi lama yang disebutkan. Jadi sistem keamanan dan teknologinya bisa memberikan celah yang rentan terhadap serangan siber.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id