comscore

Qlue Gandeng Dorong Pemanfaatan AI

Lufthi Anggraeni - 13 Januari 2022 15:50 WIB
Qlue Gandeng Dorong Pemanfaatan AI
Qlue dan Dell mendorong pemanfaatkan AI dan IoT untuk meningkatkan skalabilitas bisnis.
Jakarta: Qlue mendorong optimalisasi teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT) bagi sektor bisnis Indonesia. Optimalisasi ini diharapkan akan meningkatkan skalabilitas dunia usaha ke level lebih tinggi dalam aspek operasional harian.

“Perkembangan teknologi akan semakin masih sehingga seluruh aspek bisnis cepat beradaptasi dengan baik. Pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu katalis utama yang mendorong seluruh sektor untuk bertransformasi secara bisnis demi menciptakan operasional yang lebih optimal,” ujar Founder dan CEO Qlue Rama Raditya.
Rama menambahkan bahwa pemanfaatan teknologi berbasis AI dan IoT untuk optimalisasi bisnis di antaranya berupa analisis visual demografi pengunjung toko untuk mendeteksi minat dan ketertarikan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Analisis heat map, lanjut Rama, dapat diolah melalui solusi Qlue dan juga dapat dioptimalkan untuk mengetahui lokasi maupun titik strategis ramai pengunjung di suatu area. Hal ini dinilai akan dapat menjadi masukan bagi pengembangan bisnis.

Pemanfaatan kedua teknologi ini diperkirakan akan dapat meningkatkan efisiensi hingga 30 persen dan meningkatkan produktivitas bisnis hingga lebih dari 20 persen. Selain itu, pemanfaatan AI dan IoT yang menghasilkan teknologi berbasis data ini turut menunjukan tren yang terus mengalami peningkatan.

Sebab, lembaga riset Fortune Business Insight mengungkapkan hasil penelitiannya, menyebut bahwa pada tahun 2021 lalu, valuasi pasar AI secara global mencapai USD47 miliar (Rp673 triliun). Angka ini sesuai dengan persentase rata-rata pertumbuhan sejak tahun 2017 lalu, sebesar 31 persen per tahun.

Angka ini diprediksi akan terus meningkat menjadi USD360 miliar (Rp5.144,3 triliun) pada tahun 2028 mendatang. Peningkatan ini disebut merupakan dampak dari permintaan pasar yang terus bertumbuh hingga 33 persen per tahun.

Prediksi ini juga diutarakan Dell Indonesia, menyebut bahwa potensi pemanfaatan teknologi IoT akan semakin tinggi. Dell memperkirakan sekitar satu perangkat per hari, seperti smartphone, komputer, kendaraan transportasi, hingga perangkat di kawasan perkantoran maupun pabrik, diaktifkan dan terhubung ke internet.

Country Business Lead Dell Indonesia Ryan Renaldy menyebut bahwa aktivasi perangkat akan memberikan dampak linier dengan kebutuhan pengolahan data yang berpengaruh pada hampir seluruh aspek.

Situasi ini akan semakin mendorong penyesuaian pengelolaan data dari sentralisasi menjadi desentralisasi. Hal tersebut mendorong perkembangan komputasi ujung atau edge computing yang mampu mengelola data menjadi lebih cepat sesuai dengan kebutuhan.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id