Airbnb Menang Gugatan dari Pengelola Apartemen Besar

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 Januari 2018 15:36 WIB
    Airbnb Menang Gugatan dari Pengelola Apartemen Besar
    Airbnb kerap dianggap menjadi pesaing di bisnis perhotelan dan properti karena mampu menyediakan layanan penginapan dengan harga yang jauh lebih murah.
    Jakarta: Layanan marketplace penyewaan penginapan Airbnb dikabarkan hari ini memenangkan gugatan yang diajukan oleh perusahaan pengelola apartemen dan properti bernama AIMCO di California, Amerika Serikat tahun lalu.

    Dikabarkan Engadget, Pengadilan Federal Los Angeles, Amerika Serikat, menyatakan Airbnb tetap boleh menjalan bisnisnya dan tidak bersalah atau bertanggung jawab atas pelanggaran kontrak sewa apartemen dan properti yang dilakukan oleh pemilik.

    Agustus lalu, AIMCO mengajukan tuntutan kepada Airbnb karena mendorong pemilik apartemen dan properti yang disediakan oleh AIMCO melanggar perjanjian kontrak, yaitu menggunakan apartemen dan properti mereka untuk disewakan lewat layanan Airbnb alias berbisnis.

    Oleh AIMCO hal ini tidak hanya dinilai melanggar perjanjian, tapi juga mengancam kenyamanan lingkungan apartemen dan properti yang mereka sediakan. AIMCO mengaku mendapatkan laporan dari penduduk setempat bahwa ada turis pengguna Airbnb yang membuat kebisingan.

    Tuntutan AIMCO yang meminta ganti rugi serta menuntut Airbnb tidak boleh beroperasi tentu saja ditolak. Pihak Airbnb berargumen, hal yang mengatur pengguna layanan sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab penyedia fasilitas apartemen dan properti yang menjajakannya lewat Airbnb.

    Pengadilan memutuskan Airbnb sama sekali tidak bersalah dan tetap bisa beroperasi. Permasalahan pelanggaran perjanjian antara pihak pengembang properti dengan pemilik properti dianggap tidak memiliki kaitan dengan Airbnb.

    Diketahui Airbnb sendiri sudah memiliki program bernama Friendly Building Program, yang di dalamnya para pemilik properti Airbnb dibantu oleh pihak pengembang properti untuk menyewakan hunian.

    Pihak pengembang properti akan mendapatkan bagian keuntungan. Banyak pihak menduga AIMCO termasuk dalam pihak pengembang yang merasa bisnis Airbnb tidak memberikan hasil yang cukup besar.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id