Dua Chipset Anyar Qualcomm untuk Laptop

    Cahyandaru Kuncorojati - 06 Desember 2019 13:33 WIB
    Dua Chipset Anyar Qualcomm untuk Laptop
    Jajaran chipset Always Connected PC milik Qualcomm Snapdragon.
    Maui: Qualcomm masih mempertahankan portofolio chipset untuk mobile computing atau laptop Always Connected PC di tahun ini. Ada dua chipset terbaru yang diperkenalkan dan membuat laptop yang menggunakannya akan bisa terhubung koneksi 5G.

    Tahun lalu Qualcomm merilis Snapdragon 8cx untuk laptop kelas premium. Dua chipset yang baru ditujukan untuk dua kelas di bawahnya. Snapdragon 8c di kelas mainstream dan Snapdragon 7c di entry-level.

    "Keduanya memberikan dukungan bagi OEM untuk menyediakan produk Always Connected tidak hanya kelas premium tapi juga mainstream dan entry-level," jelas Senior Director Product Management di Compute Products Qualcomm, Miguel Nunes.

    "Semakin banyak lagi konsumen yang bisa merasakan kemapuan teknologi ini dengan harga terjangkau," imbuhnya. Miguel menyebut langkah Qualcomm melengkapi jajaran chipset Always Connected PC mereka untuk mendefinisikan kembali pengalaman komputasi mobile.

    Dalam presentasi, Miguel membandingkan laptop mainstream di pasar yang dibanderol USD500. Laptop-laptop tersebut punya baterai yang hanya bisa bertahan rata-rata hingga 6,5 jam, bodi yang panas, hanya bisa terhubung WiFi dan tidak ada kemampuan AI.

    Dua Chipset Anyar Qualcomm untuk Laptop

    Jadi kehadiran chipset PC dari Qualcomm ini ingin menjadi standar baru dan sebenarnya dari sebuah perangkat komputasi mobile alias laptop.

    Qualcomm Snapdragon 7c di kelas entry-level dibekali kemampuan 25 persen lebih tinggi dan daya tahan baterai dua kali lipat dibandingkan kompetitor. Di dalam chipset tersebut didukung CPU Kryo 468 dan GPU Adreno 618.

    Chipset tersebut juga kini mendapatkan dukungan koneksi 5G dari modem Snapdragon X15 LTE. Kemampuan kecerdasannya atau AI diklaim punya kecepatan mengolah perintah hingga 5 TOPS.

    Dua Chipset Anyar Qualcomm untuk Laptop

    Di kelas mainstream, Snapdragon 8c memamerkan performa 30 persen lebih tinggi dibandingkan seri Snapdragon 850 menurut klaim Qualcomm. Daya tahannya baterainya juga diklaim bisa bertahan hingga seminggu dan pada koneksi internet ada modem Snapdragon X24 LTE.

    Kemampuan AI di Snapdragon 8c masih lebih tinggi yaitu dengan performa 6 TOPS yang bisa mendukung komputasi cloud yang terus terhubung. Qualcomm menyebutkan bahwa ada beberapa merek atau OEM yang siap menggunakan chipset ini tahun depan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id