comscore

Dilayani Tokopedia Maksimalkan Penjualan UMKM

Lufthi Anggraeni - 10 Juni 2022 07:56 WIB
Dilayani Tokopedia Maksimalkan Penjualan UMKM
Tokopedia hadirkan layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia untuk memaksimalkan penjualan UMKM.
Jakarta: Tokopedia menegaskan upayanya untuk membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, dalam memaksimalkan penjualan dan sukses di pasar nasional via gudang pintar bertajuk Dilayani Tokopedia.

“Kami mencatat pengiriman barang terjauh di kuartal I 2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatera Utara ke Kabupaten Merauke, Papua. Transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan pun meningkat lebih dari lima kali lipat pada kuartal I 2022 dibandingkan kuartal I 2021,” ujar Associate Vice Presiden of Fulfillment Tokopedia Samuel Simanjuntak.
Sebagai informasi, gudang pintar Dilayani Tokopedia tersedia di berbagai wilayah di Indonesia, dan hadir sebagai upaya Tokopedia untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, Tokopedia juga mengklaim Dilayani Tokopedia mempercepat dan menjadikan aktivitas belanja kebutuhan sehari-hari masyarakat lebih efisien.

Tokopedia melaporkan bahwa pada kuartal I 2022, Dilayani Tokopedia mencatatkan pengiriman barang tercepat yaitu 10 menit, sejak pemesanan hingga barang diterima oleh pembeli. Tokopedia turut mengungkap kategori dengan transaksi tertinggi via layanan ini.

Pada kuartal I 2022, kesehatan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, ibu dan bayi, serta rumah tangga merupakan kategori dengan transaksi tertinggi via layanan Dilayani Tokopedia. Sementara itu, Tokopedia turut menyebut bahwa Dilayani Tokopedia juga merupakan salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Layanan ini bertujuan untuk membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala. Menurut data internal Mei 2022, transaksi rata-rata penjual setelah menggunakan Dilayani Tokopedia mengalami peningkatan empat kali lipat dibandingkan dengan sebelum memanfaatkan layanan.

Contoh UMKM lokal yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia dan merasakan dampak positif adalah Amazara dan Toko Kopi Gayo. Amazara mengaku setelah menggunakan Dilayani Tokopedia pengelolaan stok bisnisnya lebih maksimal, pengemasan produk lebih aman dan cepat, lebih cepat diterima oleh pembeli, serta memberikan waktu lebih untuk fokus di pengembangan brand.

Sementara itu, Toko Kopi Gayo mengaku usahanya mengalami tantangan pelayanan dan logistik karena lokasi produksi dan penyimpanan produk yang ada di pedalaman Aceh. Hal ini mendorongnya untuk memanfaatkan layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta.

Toko Kopi Gayo juga menyebut bahwa dengan memanfaatkan Dilayani Tokopedia, usahanya dapat menjaring pasar di Pulau Jawa dan Indonesia Timur. Tidak hanya ongkos kirim yang semakin terjangkau, Toko Kopi Gayo menyebut produk juga dapat sampai di tangan konsumen lebih cepat dibanding jika mengirimkan secara langsung dari Aceh.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id