comscore

NVIDIA Omniverse Menawarkan Era Digital Baru lewat Digital Twins dan Dunia Virtual

Cahyandaru Kuncorojati - 29 Mei 2022 22:14 WIB
NVIDIA Omniverse Menawarkan Era Digital Baru lewat Digital Twins dan Dunia Virtual
Nvidia Omniverse.
Jakarta: Istilah metaverse terus dibicarakan, namun banyak pihak yang masih merasa konsep ini masih belum begitu nyata. NVIDIA diketahui menawarkan konsep yang sama. Dalam praktiknya, implementasi dari teknologi bernama NVIDIA Omniverse jauh lebih nyata dan kontribusi ke dunia nyata dan masa depan lebih jelas.

NVIDIA Omniverse merupakan platform kolaborasi menggunakan kemampuan GPU serta teknologi Artificial Intelligence dalam membuat sebuah visualisasi atau grafis tiga dimensi untuk menciptakan simulasi virtual, bahkan tingkat akurasinya diklaim sangat tinggi.
Pada praktiknya NVIDIA Omniverse menyediakan sebuah alat untuk melatih AI, robotik, kendaraan otonom, dan menciptakan smart factories dengan cara yang lebih aman, cepat, mudah dan murah. Hal ini karena simulasi diciptakan dan dilakukan pengujian secara virtual sebelum dihadirkan secara nyata.

Di momen Computex 2022, Vice President of Omniverse Developer Platform NVIDIA, Richard Kerris membeberkan cara NVIDIA Omniverse mampu mempermudah berbagai sektor industri dalam pengembangan AI mulai dari simulasi dan pengujian hingga kolaborasi dalam menciptakannya.

Kerris menuturkan bahwa saat ini ada lebih dari 36 perusahaan yang menawarkan hingga 50 jenis software CAD, atau yang biasa dipakai untuk desain. Angka ini terus bertambah dengan jenis yang beragam sesuai kebutuhannya, kondisi ini juga membuat dibutuhkan spesifikasi perangkat yang khusus untuk setiap software.

“Pasti akan terjadi inkompatibiltas pada software yang berbeda, hal ini berakibat harus dilakukan export dan import data, sehingga proses memakan waktu lebih lama serta menghambat produktivitas,” ujar Kerris.

NVIDIA Omniverse menawarkan platform kolaborasi desain tiga dimensi yang bisa digunakan oleh seniman atau desainer hingga engineer serta arsitektur untuk bekerja menggunakan semua software yang terintegrasi.

Di dukung kemampuan AI untuk simulasi real-time NVIDIA Omniverse juga menyediakan kemampuan untuk menciptakan dunia virtual maupun digital twin, sehingga mereka bisa memprediksi desain maupun sebuah produk secara virtual dan akurat saat dihadirkan ke dunia nyata.

Di ini bisa terlihat bahwa NVIDIA Omniverse berusaha menjembatani dunia nyata dengan dunia virtual. Kerris mengklaim bahwa industri menghabiskan lebih dari 6,5 milar jam per tahun untuk rendering konten atau desain, sementara dana yang disediakan untuk bidang arsitektur, teknik, dan konstruksi di industri diprediksi mencapai USD12,9 triliun.

“Hal tersebut menandakan bahwa menguasai teknik produksi yang sesuai dengan simulasi fisik dan real-time demi menghasilkan visualisais yang presisi akan menjadi kunci kesuksesan,” ungkap Kerris.

Dia menyebutkan ada empat elemen yang menjadi fondasi dari NVIDIA Omniverse. Pertama, kemampuan teknologi RTX yang memungkinkan developer dan content creator membuat simulasi dan rendering secara real time.

Kedua adalah kemampuan data center yang memungkinkan skalabilitas komputasi GPU, jadi proses pertama bisa dilakukan dengan data berukuran sangat besar. Hal ini memungkinkan pengguna mendesain dan membuat simulasi seukuran sebuah kota hingga dunia, misalnya proyek Earth-2 yang digarap NVIDIA.

Ketiga, Universal Scene Description (USD) sebuah teknologi yang dikembangkan Pixara Animation Studio. Di sini proses desain maupun berbagai data dipermudah antara software dan tools berbeda dari ragam sektor industri.

Keempat yang paling mutakhir adalah revolusi AI. NVIDIA sejak lama telah mengembangkan proses pembuatan, pelatihan dan pengujian sebuah model AI. Hasil dari tahap tadi kemudian bisa digunakan sebagai pelatihan dan simulasi pada sebuah model desain misalnya kemampuan robotik.

Mengandalkan kemampuan pengolahan grafis sebuah GPU, maka NVIDIA menyediakan ruang untuk menciptakan dunia virtual yang di dalamnya simulasi AI juga dilakukan secara virtual secara aman, cepat, mudah, dan murah sekaligus akurat.

Amazon adalah salah satu perusahaan klien NVIDIA. Mereka mengandalkan platform tersebut untuk menciptakan dan melatih AI yang akan ditanamkan ke robot yang mengurus semua pesanan di gudang logistik Amazon.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id