AWS Dukung Startup dan UMKM serta Pacu Literasi Cloud

    Lufthi Anggraeni - 08 September 2021 14:08 WIB
    AWS Dukung Startup dan UMKM serta Pacu Literasi Cloud
    Untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, AWS menghadirkan berbagai solusi serta program literasi sebagai bentuk komitmennya.



    Jakarta: Berada di era peralihan dari konvensional ke digital tidak menyurutkan kontribusi UMKM pada pendapatan domestik bruto (PDB). Pada era digital ini, kontribusi UMKM tersebut kian terdorong oleh kemunculan startup yang banyak menyediakan bantuan di ranah teknologi digital.

    “Indonesia mencapai peringkat kedua di kategori Top 100 Emerging Ecosystems menurut laporan Global Startup Ecosystem Report tahun 2020. Capaian ini merupakan indikator bahwa ekosistem startup Indonesia memiliki potensi yang luar biasa,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

     



    Sementara itu pemanfaatan teknologi cloud dinilai telah menjadi tren yang akan terus berlangsung dan diyakini akan mengelola setiap data, operasional, dan beban kerja akan dikelola di cloud di masa depan.

    Karenanya, AWS dinilai memainkan peran penting sebagai penyedia infrastruktur dan juga layanan berbasis cloud. Selain itu, kebutuhan cloud juga disebut akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan kebutuhan akan data ataupun layanan web.

    Dalam hal tersebut, ekonomi digital dinilai berperan sebagai enabler kemajuan negeri, yang membuka peluang usaha dan peluang kerja. Menyadari hal itu, AWS berkomitmen untuk terus mendukung startup lintas industri dalam memecahkan berbagai permasalahan.

    Country Leader Indonesia AWS Gunawan Susanto menegaskan bahwa komitmen ini dihadirkan AWS melalui berbagai solusi berbasis teknologi yang tersedia untuk pelaku UMKM, salah satunya adalah AWS Activate Console. 

    AWS Activate Console merupakan solusi yang menyediakan rekomendasi pelatihan teknis, pertumbuhan bisnis hingga bagaimana penggunaan layanan AWS yang tepat. Layanan ini juga diklaim AWS akan membantu startup atau klien untuk mengoptimalisasikan biaya perusahaan.

    Tak hanya via solusi yang ditawarkannya, komitmen tersebut juga dihadirkan AWS melalui penerapan keamanan mumpuni untuk berbagai layanannya, termasuk cloud yang dibutuhkan oleh UMKM maupun startup.

    AWS dan mitra komunitas lokalnya juga berupaya memasyarakatkan cloud, dengan gencar mensosialisasikan cloud sebagai pengetahuan dan keterampilan baru yang berhak dipahami serta dikuasai oleh siapapun.

    Tidak hanya menyasar kalangan melek teknologi, seperti pengembang aplikasi, pekerja di bidang teknologi informasi atau kalangan pengajar, AWS turut menggelar program menarik yang menyasar sekolah menengah umum dan kejuruan, serta pesantren.

    Program-program peningkatan kompetensi di bidang teknologi digital, termasuk cloud, yang melibatkan industri, tersebut turut menjadi bentuk komitmen AWS serta fondasi dalam mendukung terwujudnya visi Indonesia Emas 2045.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id