Stok Kartu Grafis NVIDIA RTX 3000 Langka Hingga Tahun Depan

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 September 2020 09:07 WIB
    Stok Kartu Grafis NVIDIA RTX 3000 Langka Hingga Tahun Depan
    Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3070, RTX 3080, dan RTX 3090.
    Jakarta: Keputusan untuk menunda membeli kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series akibat harga yang mahal atau masih menggunakan NVIDIA RTX 2000 Series mungkin termasuk sangat bijak. Kabarnya, suplai kartu grafis terbaru tersebut masih akan sedikit.

    NVIDIA disebut hanya memproduksi GeForce RTX 3000 Series yang terdiri dari RTX 3070, RTX 3080, dan RTX 3090 dalam jumlah sedikit untuk gelombang penjualan pertama. Hal ini bisa berakibat produk tadi menjadi langka dan harga meroket melebih harga normal.

    Dikutip dari TweakTown, informasi ini berasal dari sosok yang mengetahu kondisi bisnis NVIDIA. Bahkan dia mengklaim angka produksi NVIDIA GeForce RTX 3000 Series ini mungkin terkecil selama beberapa tahun dan kemungkinan besar tidak akan ada stok tersisa hingga akhir tahun ini.

    Beberapa pihak menilai NVIDIA mungkin sengaja membuat stok komponen kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series sedikit. Pertama, diduga NVIDIA masih ingi melihat respon pasar terhadap performa GPU NVIDIA Ampere yang ditanamkan mengandalkan teknologi fabrikasi Samsung 8nm.

    Kedua, muncul dugaan bahwa NVIDIA ingin menunggu bagaimana respon AMD terhadap inovasia atau produk terbaru mereka mengandalkan teknologi AMD RDNA2. Namun sejauh ini tampaknaya AMD masih berfokus ke bisnis prosesor Ryzen mereka mengingat Intel juga baru saja mengumumkan Intel Core Generasi ke-11.

    NVIDIA GeForce RTX 3000 Series hadir dengan GPU arsiterktur NVIDIA Ampere yang sebelumnya hanya hadir di kelas kartu grafis segmem enterprise dan data center, bukan end user. Berbeda dari NVIDIA RTX 2000 Series yang menggunakan arsitektur GPU NVIDIA Turing.

    NVIDIA mengklaim performanya naik dua kali lipat juga efisiensi daya naik hingga 1,9 dua kali lipat dibandingkan generasi pertama. Jajaran kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series membawa spesifikasi lebih tinggi misalnya VRAM di varian 8GB hingga 24GB dan jenis memori terbaru GDDR6X.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id