Apple Sisip Kunci Mobil Digital ke iPhone

    Lufthi Anggraeni - 25 Juni 2020 10:56 WIB
    Apple Sisip Kunci Mobil Digital ke iPhone
    Apple mengumumkan kunci mobil digital karyanya, kompatibel dengan iOS 14.
    Jakarta: Pada ajang WWDC, Apple mengumumkan bahwa pada pekan ini, konsumen akan dapat menambahkan kunci mobil digital ke iPhone atau Apple Watch untuk membuka kunci secara nirkabel dan mengaktifkan mobil.

    Apple menyebut bahwa fitur ini merupakan bagian dari iOS 14 dan dapat berfungsi via NFC, seperti yang dilaporkan oleh The Verge. Mobil pertama pendukung fitur ini adalah BMW 5 Series 2021, yang akan dirilis pada bulan Agustus mendatang.

    Selain itu, Apple juga dilaporkan tengah mengembangkan standar industri lebih luas yang menggunakan chip wideband U1 baru karyanya, alih-alih mengandalkan sepenuhnya pada NFC.

    Setelah menghubungkan iPhone atau Apple Watch dengan mobil yang mendukung kunci digital, jika ingin membuka kunci, pengguna hanya perlu memegang perangkat Apple di dekat pembaca NFC di mobil.

    Pengguna tidak akan diminta untuk melakukan konfirmasi terkait identitas via Face ID atau kode kunci secara default, namun pengguna dapat menonaktifkan fitur bertajuk Express Mode untuk keamanan tambahan.

    Apple menyebut fitur ini akan juga kompatibel dengan perangkat bersistem operasi iOS 13. Jika ingin berbagi kunci, pengguna dapat melakukannya via aplikasi Messages. Saat berbagi kunci mobil digital, pengguna dapat membatasi fitur tertentu di mobil, seperti membatasi akselerasi, kecepatan tertinggi, atau volume stereo.

    Hal ini berguna jika mobil dipinjamkan kepada remaja, sebagai contoh, dan pengguna dapat mengambil kembali kunci kapanpun. Selain itu dalam video, Apple juga mengklaim tidak akan mengetahui waktu akses ke mobil atau pihak lain yang diberikan akses kunci oleh pengguna.

    Apple menyebut bahwa kunci digital dapat berfungsi tanpa konektivitas jaringan, sehingga secara teori, pengguna masih dapat mengunci mobile bahkan di lokasi parkir terdalam tanpa jangkauan jaringan. Kunci juga dapat berfungsi hingga lima jam, sehingga akan beralih ke mode power reserve setelah baterai iPhone habis.

    Hal ini diharapkan Apple dapat membantu mengurangi kecemasan pengguna karena tidak dapat mengakses mobil saat berada jauh dari sumber listrik. Ketergantungan Apple terhadap NFC untuk kunci mobil digital mereka menunjukan bahwa fitur ini dapat memanfaatkan spesifikasi Car Connectivity Consortium’s Digital Key Release 2.0 specification, yang diselesaikan pada bulan Mei lalu.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id