Karyawan Curi Rahasia Perusahaan Pembobol iPhone

    Lufthi Anggraeni - 06 Juli 2018 11:40 WIB
    Karyawan Curi Rahasia Perusahaan Pembobol iPhone
    Programer berhasil mencuri alat peretas iPhone milik NSO Group, perusahaan peretas asal Israel.
    Jakarta: NSO Group mendapatkan keuntungan dari bisnis peretasan iPhone dan perangkat Android.

    Namun, perusahaan ini mengalami insiden peretasan yang dilakukan oleh salah satu pegawainya, dan berhasil mencuri properti intelektual berharga.
    Properti intelektual yang berhasil dicuri dari perusahaan asal Israel tersebut adalah alat peretas ponsel, yang ditemukan telah ditawarkan pada situs pasar gelap.

    Alat peretas ponsel tersebut dilaporkan tidak dipasarkan NSO kepada pihak kriminal, sedangkan pegawai pencuri tersebut berencana untuk menjualnya kepada penjahat.

    Pegawai yang menjadi biang keladi pencurian ini dilaporkan sebagai programer berusia 38 tahun, meski tidak tersedia informasi terkait namanya. Programer ini juga disebut telah ditangkap dan dalam pengawasan jaksa umum Israel.

    Sang programer dapat melakukan pencurian dengan menonaktifkan software keamanan pada komputernya, kemudian menyalin sumber kode untuk alat peretas ponsel NSO Group ke drive eksternal.

    Kemudian, mengaku sebagai peretas yang berhasil menjebol keamanan NSO Group, program tersebut memasarkannya seharga USD50 juta (Rp714 miliar) di situs pasar gelap.

    Namun, salah satu pihak yang dihubungi sang programer melaporkannya ke Kementerian Hukum Israel, yang segera menangkapnya. Hingga saat ini, belum ada properti intelektual milik NSO Group yang dilaporkan telah dibagikan kepada pihak ketiga.

    Selain itu, mantan pegawai ini juga didakwa dengan kesimpulan bahwa dirinya dapat membahayakan keamanan negara sebab tentara Israel dilaporkan menggunakan alat peretas karya NSO Group.

    Alat peretasan ponsel ini menjadi satu-satunya properti NSO Group yang terfokus pada penawaran alat dan layanan peretasan ponsel.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id