DCI Umumkan Data Center Hyperscale 150 Megawatt

    Lufthi Anggraeni - 13 November 2019 16:26 WIB
    DCI Umumkan Data Center Hyperscale 150 Megawatt
    PT DCI Indonesia mengumumkan pembangunan data center ketiga miliknya, bertajuk JK3.
    Jakarta: PT DCI Indonesia mengumumkan pembangunan data center ketiga miliknya, bertajuk JK3. Data center ini merupakan salah satu bagian dari fasilitas data center hyperscale yang berlokasi di Indonesia.

    "Dengan hadirnya fasilitas Gedung JK3 ini, kami ingin mempertegas komitmen dan keseriusan dalam mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia menjelang era revolusi industri 4.0." ujar CEO DCI Toto Sugiri.

    DCI mengungkap bahwa JK3 memiliki critical IT load berkapasitas sebesar 12 Megawatt (MW) dan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2020 mendatang. Pembangunan JK3 ini menjadi salah satu wujud komitmen DCI dalam membangun fasilitas kampus data center hyperscale dengan total kapasitas sebesar lebih dari 150 MW.

    Pembangunan ini juga disebut DCI sebagai bentuk antisipasi dari lonjakan permintaan terhadap data center hyperscale di tahun-tahun mendatang di tanah air, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang tengah mengalami proses peralihan dari konvensional ke digital, atau disebut dengan istilah revolusi industri 4.0.

    Revolusi industri 4.0 turut melibatkan data yang digadang sebagai komoditas terpenting baru, sebab dapat dianalisa demi menghasilkan informasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor. Karenanya, DCI menilai penting bagi Indonesia untuk memiliki data center tersendiri di dalam wilayah Indonesia.

    Menyoal data center, DCI menilai Indonesia mengalami ketertinggalan, sebab masih belum memiliki kapasitas sebesar negara tetangga, meski memiliki potensi besar. Hingga Q1 2019, total kapasitas keseluruhan data center Indonesia mencapai 50,2 MW.

    Sementara itu, kapasitas data center di Indonesia diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 70 MW pada tahun 2021 mendatang. DCI mengaku ingin ikut berkontribusi dalam peningkatan kapasitas data center di Indonesia ini.

    Selain itu, peningkatan kebutuhan data center hyperscale di Indonesia juga didorong oleh lonjakan pertumbuhan perusahaan rintisan, ditandai oleh kemunculan lima startup unicorn di tanah air hingga akhir 2019 ini.

    Hal ini turut mendorong potensi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yang diprediksi akan mencapai USD133 miliar pada tahun 2025 mendatang. Sehingga DCI berharap langkahnya menghadirkan JK3 ini dapat membantu dalam menghadapi pertumbuhan tersebut.

    Meski, DCI juga menyebut bahwa langkahnya ini tidak akan berarti tanpa dukungan dari pemerintah, dengan mengesahkan regulasi terkait perlindungan data pribadi. Sebelumnya DCI telah mengoperasikan dua gedung data center, yaitu JK1 dengan kapasitas 3 MW dan JK2 dengan kapasitas 7 MW.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id