TSMC Segera Mulai Produksi Chipset Apple A14

    Lufthi Anggraeni - 03 Januari 2020 08:13 WIB
    TSMC Segera Mulai Produksi Chipset Apple A14
    TSMC akan mulai memproduksi chipset Apple A14 untuk model iPhone 2020 pada kuartal kedua tahun ini.
    Jakarta: TSMC akan memproduksi chipset Apple A14 untuk model iPhone 2020, dan produksi akan dimulai pada kuartal kedua tahun 2020 sebagai persiapan untuk peluncuran pada Q3 yang biasa dilakukan oleh Apple.
     
    Chipset A14 akan diproduksi dengan menggunakan proses 5nm baru TSMC dan permintaan Apple akan mendominasi dua per tiga dari kapasitas pabrik TSMC. Selain itu, iPhone 12 berpeluang untuk menjadi smartphone pertama di pasar dengan chipset 5nm.
     
    Pada tahun 2018 lalu, dua model iPhone XS menjadi smartphone pertama dengan dukungan chip 7nm. Sementara itu, HiSilicon, divisi chipset Huawei, dilaporkan menjadi pelanggan lain untuk produksi dengan proses 5nm milik TSMC.
     
    Huawei diperkirakan akan mengalahkan Apple, sebab lini Mate 40 akan didukung oleh Kirin 1020, yang akan diproduksi dengan menggunakan proses 5nm. Qualcomm Snapdragon 865 dan Kirin 990 telah dikonfirmasi akan menggunakan proses 7nm.
     
    Sebagai informasi, nanometer ini hanyalah sebagai panduan, dengan keuntungan sebenarnya dari proses 5nm jika dibandingkan dengan TSMC N7P yang digunakan Snapdragon belum mendapatkan konfirmasi.
     
    Sebelumnya, Japan Display dilaporkan tengah berdiskusi dengan Apple dan Sharp terkait dengan penjualan pabrik panel layar smartphone utamanya sebesar USD820 juta (Rp11,3 triliun). Sharp merupakan unit Foxconn, manufaktur kontrak yang bertanggung jawab soal perakitan iPhone.
     
    Sharp juga menjual panel layar kepada Apple dan disebut tengah berdiksusi dengan Japan Display terkait dengan rencana membeli pabrik setelah klien tanpa nama meminta untuk melakukan hal tersebut.
     
    Dalam pernyataan yang dirilisnya, Sharp menyebut bahwa tengah mempertimbangkan rencana ini dengan hati-hati, serta mengkaji dampak dari pembelian terhadap pendapatan perusahaan, dan risiko yang mungkin akan dihadapi.
     
    Sejumlah gambar iPad Pro terbaru Apple diunggah oleh akun Twitter OnLeaks dan iGeekbsBlog. Gambar ini menampilkan iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9 yang akan dirilis pada tahun 2020 mendatang.
     
    Berdasarkan poster yang beredar di internet, kedua tablet tersebut akan dirilis pada bulan Maret 2020. Gambar ini menampilkan perangkat berdesain identik dengan iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9 keluaran tahun 2019.
     
    Namun alih-alih satu kamera, iPad Pro 2020 dikabarkan akan berbekal tiga kamera serupa iPhone 11 Pro, berarti iPad Pro 2020 mengusung setup 0.5x-1x-2x. Rumor menyebut bahwa iPad Pro selanjutnya akan hadir dengan teknologi kamera 3D-sensing, diperkirakan terdapat di kamera depan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id