XL Axiata Tambah Jaringan 4G di Kalimantan

    Mohammad Mamduh - 25 Juli 2019 11:46 WIB
    XL Axiata Tambah Jaringan 4G di Kalimantan
    XL Axiata tambah jangkauan 4G dii Kalimantan
    Jakarta: XL Axiata menyebut adanya peningkatan trafik data 4G dalam setahun terakhir di Kalimantan sekitar 43 persen. Oleh karena itu, mereka menyebut ekspansi jaringan tahun ini, mencakup wilayah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

    Selain itu, sebagai bagian dari rencana tersebut, XL Axiata juga akan membangun jaringan 4G melalui program Universal Service Obligation (USO) yang difokuskan di area-area pedalaman yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.
     
    “Selain aspek bisnis, visi kami dalam memperluas jaringan data ke berbagai wilayah Kalimantan adalah mendukung percepatan pembangunan,” kata Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Bambang Parikesit 
     
    Dengan adanya perluasan ini, jaringan data XL Axiata diklaim telah menjangkau sekitar 54 kota/kabupaten atau lebih dari 96 persen populasi Kepulauan Kalimantan. Inii didukung oleh lebih dari 7.000 BTS termasuk lebih dari 5.400 BTS data (3G/4G). Pembangunan infrastruktur juga didukung kabel serat optik antardaerah.
     
    Saat ini jaringan data XL Axiata mengklaim telah tersedia di 9 kota/kabupaten di Kalimantan Timur, dengan dukungan total lebih dari 2000 BTS. Khusus jaringan 4G LTE, sudah masuk ke 7 kota/kabupaten, dengan lebih dari 650 BTS. 

    Untuk jaringan backbone fiber optik, di Kalimantan hingga saat ini sudah mencapai sekitar 2.500 kilometer. Jaringan ini menjadi tumpuan bagi infrastruktur XL Axiata yang menjangkau seluruh provinsi di Kalimantan, serta menghubungkannya dengan pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi.

    Hingga akhir tahun 2019 XL Axiata menargetkan penambahan jaringan fiber optik di Kalimantan sepanjang sekitar 1.400 kilometer. 
     
    Untuk pembangunan jariingan dengan USO, saat ini sudah terlihat peningkatan trafik di daerah-daerah yang telah terjangkau. Jaringan USO XL Axiata beroperasi di Kalimantan Barat, dengan total BTS 23 BTS yang terdapat di Ketapang 6 BTS, Bengkayang 4 BTS, Landak 2 BTS, Kayong Utara 1 BTS, Sambas 2 BTS dan di Sanggau 8 BTS, sedangkan di Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak total 7 BTS terdapat di Tabalong.
     
    Jumlah pelanggan di Kalimantan hingga akhir Juni 2019, tercatat sekitar 1.7 juta pelanggan, dengan lebih dari 75 persen merupakan pelanggan data aktif. Jumlah tersebut meningkat sekitar 14 persen dari periode yang sama tahun lalu. 

    Hingga kuartal pertama 2019, jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 55,1 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 86 persen dari total pelanggan. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id