Yahoo Baru Ungkap Peretasan 1 Miliar Akun

    Lufthi Anggraeni - 15 Desember 2016 10:47 WIB
    Yahoo Baru Ungkap Peretasan 1 Miliar Akun
    Yahoo mengumumkan pembobolan terhadap satu miliar akun pada Agustus 2013 lalu.
    medcom.id: Yahoo kembali mengalami peretasan, dan mengumumkan telah menemukan pembobolan kepada lebih dari satu miliar akun pengguna, yang terjadi pada bulan Agustus tahun 2013 lalu.

    Pembobolan ini diyakini Yahoo berbeda dari pencurian data 500 juta akun yang diumumkannya pada bulan September lalu. Chief Information Security Officer Yahoo, Bob Lord mengungkap, Yahoo belum dapat memastikan cara pembobolan dan pencurian data dari satu miliar akun tersebut.

    "Informasi akun pengguna yang tercuri diperkirakan termasuk nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, password menggunakan MD5, dan di sejumlah kasus, pertanyaan dan jawaban keamanan enkripsi dan non-enkripsi," ujar Lord.

    Sementara itu, Tech Crunch melaporkan, bahwa Yahoo telah diperingatkan terkait pembobolan besar tersebut oleh badan hukum, dan telah memeriksa data dengan bantuan ahli forensik pihak ketiga. Data yang tidak muncul termasuk detil pembayaran atau password plaintext.

    Yahoo mengaku telah memberitahukan pemilik akun yang terpengaruh insiden pembobolan ini. Pengguna yang terkena dampat akan diharuskan untuk mengubah password mereka. Yahoo juga mengumumkan kode miliknya telah dapat diakses oleh peretas.

    Peretas memanfaatkan kode milik Yahoo tersebut untuk menyisipkan cookies, sehingga mereka dapat mengakses akun tanpa memerlukan password. Lord juga menyakini bahwa penyerangan ini dilakukan oleh peretas yang mendapatkan dukungan dari pihak tertentu.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id