Riset ADA Soal Tren Selama Ramadan

    Lufthi Anggraeni - 17 Maret 2020 16:11 WIB
    Riset ADA Soal Tren Selama Ramadan
    ADA merilis temuan tren terkait perilaku konsumen pada bulan Ramadan hingga Lebaran.
    Jakarta: Menjelang Ramadan, ADA merilis hasil pengamatannya terkait dengan perilaku konsumen sepanjang bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri pada tahun 2019 lalu.

    ADA menyebut bahwa Ramadan dan Lebaran merupakan waktu yang melibatkan sisi konsumsi dan emosi konsumen.
     
    Sebab, menurut ADA, di sepanjang bulan Ramadan, perilaku dan aktivitas harian konsumen turut mengalami perubahan. Karenanya, ADA menyebut pebisnis memerlukan strategi pemasaran dan komunikasi khusus, agar brand dapat terus terhubung dengan konsumennya.
     
    Berdasarkan pengamatan tersebut, ADA menemukan sejumlah tren yang terjadi selama bulan Ramadan hingga Lebaran, termasuk peningkatan penggunaan aplikasi berbasis religi, serta umat Muslim yang lebih memilih untuk menjalankan ibadah di Masjid.
     
    Selain itu, tren lainnya yang ditemukan ADA adalah bahwa mayoritas masyarakat lebih untuk makan di rumah, dan belanja peralatan rumah tangga dan elektronik lebih banyak dilakukan saat menjelang hari raya Idul Fitri, hal ini kemungkinan berkaitan dengan Tunjangan Hari Raya (THR) yang baru saja dibagikan.
     
    Data ADA juga menunjukan puncak aktivitas mudik terjadi satu pekan sebelum Ramadan, dengan Jawa Tengah sebagai provinsi yang paling banyak dituju. Sedangkan, arus mudik kembali memuncak pada satu pekan sebelum Lebaran dengan Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan DIY Yogyakarta sebagai provinsi dituju terbanyak.
     
    Sementara itu, Video Analytic and Creation Engine (Video ACE) milik ADA juga menemukan bahwa terjadi perubahan konsumsi konten dalam bentuk video pada bulan Ramadan, Lebaran, dan beberapa hari setelah Lebaran.
     
    Pada bulan Ramadan, masyarakat Indonesia banyak mengonsumsi konten yang menyajikan resep kue kering. Sementara itu, pada saat Lebaran masyarakat cenderung mengonsumsi konten yang berkaitan dengan keluarga dan kebersamaan.
     
    Beberapa hari setelah Lebaran, mereka mengonsumsi konten tentang arus mudik. Tren tersebut diharapkan akan dapat dimanfaatkan oleh merek dan pemasar dalam merencanakan aktivitas komunikasi mereka selama bulan Ramadan.


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id