Samsung Bakal Mudahkan Transfer Data Antar Merek HP

    Lufthi Anggraeni - 19 Juni 2021 13:05 WIB
    Samsung Bakal Mudahkan Transfer Data Antar Merek HP
    Samsung bergabung dengan aliansi pencipta standar transfer file secara nirkabel.



    Jakarta: Beberapa tahun lalu, Xiaomi, Oppo dan vivo berkolaborasi untuk menciptakan Mutual Transfer Alliance (MTA), cara berstandar untuk mengirimkan file antar perangkat seperti ponsel dan komputer secara lokal melalui koneksi nirkabel 20MB per detik.

    Setelah beberapa bulan melakukan pengujian beta, fitur tersebut secara resmi dirilis. Sejak saat itu, perusahaan lain bergabung dalam aliansi tersebut. Kini, nama Samsung dapat ditemukan dalam daftar anggota MTA.

     



    Selain Xiaomi, Oppo dan vivo, anggota MTA lain termasuk OnePlus, Meizu, ZTE, Black Shark dan HiSense, serta Asus dan merek gaming miliknya, Republic of Gamers. Bergabungnya Samsung pada aliansi ini dinilai sebagai berita besar.

    Sebab, Samsung merupakan salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, kerap menduduki peringkat pertama dalam daftar produsen smartphone terbesar. Selain itu, Samsung telah memiliki fitur transfer nirkabel karyanya, QuickShare.

    Sebagai informasi, QuickShare diperkenalkan pada tahun 2020 lalu sebagai pengganti untuk Android Beam yang tidak lagi digunakan, serta sebagai alternatif untuk Nearby Share baru karya Google.

    Samsung bahkan merilis aplikasi QuickShare versi Windows 10 pada awal tahun 2021 ini. Namun hal ini tidak berarti Quick Share tidak akan lagi tersedia. Samsung diperkirakan akan merilis update untuk QuickShare di perangkat Galaxy dan aplikasi versi Windows dengan dukungan sistem MTA.

    Hingga saat ini, Samsung belum mengumumkan waktu pengguliran update berisi dukungan sistem MTA tersebut. Namun, bergabungnya Samsung dalam MTA menjadi kabar kurang menyenangkan bagi Google.

    Sebab baru-baru ini, Google mengumumkan rencananya untuk menambahkan Nearby Share ke ChromeOS dan akan tersedia pada perangkat pengguna sistem operasi Android 10 melalui peramban Chrome.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id