Melihat Kerennya Modding PC Bertema Garuda Wisnu Kencana

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Agustus 2021 14:28 WIB
    Melihat Kerennya Modding PC Bertema Garuda Wisnu Kencana
    Modding PC karya Ozel



    Jakarta: Modding atau kegiatan modifikasi sebuah perangkat komputer desktop alias PC adalah salah satu tren yang juga semakin populer selain overclocking. Keduanya adalah hobi yang membutuhkan pemahaman mengenai hardware tapi juga craftsmanship yaitu mampu mengolah material tertentu menjadi sebuah desain unik.

    Hasilnya, PC tersebut punya tampilan lebih menarik lewat desain custom. Medcom.id menemukan salah satu PC modder asal Indonesia yang karyanya terpilih dalam Corsair Modding Yearbook. Corsair sendiri merupakan produsen hardware dan aksesori PC segmen gaming yang sudah menjadi legenda.

     



    Medcom.id berkenalan dengan Ozel atau yang juga disapa sebagai Waroq, karyanya yang bertema Garuda Wisnu Kencana (GWK) terpilih dalam Corsair Modding Yearbook. Di unggahan yang dibagikan pada media sosial karyanya terlihat sangat detil, namun semuanya bisa dikerjakan dalam waktu satu bulan.

    Melihat Kerennya Modding PC Bertema Garuda Wisnu Kencana

    “Tema mod yg mereka (Corsair) pilih untuk tahun 2021 ini adalah mengangkat kearifan lokal, yaitu mencakup budaya, landmark, atau sesuatu yg jadi kebanggaan dari negara asal modder yg terpilih,” ungkap Ozel.

    “Saya mengangkat tema Bali untuk undangan ini dan secara khusus memilih Garuda Wisnu Kencana karena makhluk mitologi  ini paling kental nuansa dan budaya Bali,” tambahnya. Ozel mengimplementasikan karyanya pada produk casing PC Corsair 5000X dan case mode tersebut dibalut dengan warna putih dan emas.

    Melihat Kerennya Modding PC Bertema Garuda Wisnu Kencana

    Ozel menceritakan bahwa Corsair sebenarnya memberikan tenggat waktu sekitar hampir dua bulan. Proses yang memakan waktu paling banyak adalah desain dan printing tiga dimensi. Dia mengklaim proses ini dikerjakan dengan sangat teliti dan akurat.

    “GWK ini sepenuhnya 3D printing, desain tiga dimensinya harus bisa terbaca oleh mesin print 3D. Ada satu titik atau bidang yang tidak solid, mesin print 3D akan gagal membaca perintah untuk mencetak. Makanya desain saja menghabiskan waktu dua minggu,” ungkap Ozel.

    Melihat Kerennya Modding PC Bertema Garuda Wisnu Kencana

    Di sini prosesnya masih memiliki banyak tantangan, dimensi mod dari GWK punya ukuran yang besar sementara area cetak dari mesin print 3D tidak makanya mod dan proses pencetakannya harus dibagi menjadi 25 bagian dengan tiap bagian menghabiskan waktu kurang lebih 24 jam. 

    Terakhir, mod yang sudah jadi disambung dengan batang aluminium agar kuat kemudian proses pengecatan dan pemasangan di hardware. Karya Ozel memang tidak termasuk dalam modding dengan merubah desain total dari casing PC, menurutnya fungsi dari Corsair 5000X sudah bagus sehingga tidak perlu dilakukan perubahan menyeluruh terutama perihal airflow yang sangat penting.

    Melihat Kerennya Modding PC Bertema Garuda Wisnu Kencana

    Ozel yang memiliki bekal pengalaman modding sejak tahun 2005 ini melihat bahwa kegiatan yang dilakukannya bisa menjadi sebuah profesi, tidak lagi hobi. Faktanya, karya modding pertama miliknya berhasil terjual lebih mahal dibandingkan versi orisinal.

    “Jika melihat marketplace atau di forum jual beli banyak yang menyediakan jasa modding PC maka menurut saya ini bisa dijadikan profesi. Namun kembali ke masing-masing modder, mereka akan membawa modding tersebut sebagai hobi atau profesi,” tegasnya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id