AMD Butuh 15 Tahun untuk Salip Intel di Pasar Prosesor

    Cahyandaru Kuncorojati - 06 Januari 2021 10:26 WIB
    AMD Butuh 15 Tahun untuk Salip Intel di Pasar Prosesor
    Prosesor AMD Ryzen 5000 Series. (GSM Arena)
    Jakarta: AMD sebagai kompetitor Intel di pasar prosesor komputasi dilaporkan mendapat perhatian karena posisinya kini sudah menempel pesaingnya yang selama ini mendominasi pasar global prosesor (CPU) desktop.

    Kepopuleran produk AMD di pasar disebut untuk kali pertama selama 15 tahun berhasil menyalip Intel dengan selisih yangt tipis menurut firma riset pasar PassMark.

    Dikutip dari TechRadar, laportan PassMark menyebutkan bahwa di Q1 2021 menunjukan AMD berhasil mendominasi dengan persentase 50,8 persen pangsa pasar prosesor desktop global. Intel sendiri hanya menguasai 49,2 persen.

    Di tahun 2016 AMD juga pernah mendominasi pangsa pasar dengan kisaran 53,9 persen namun kejayaan ini hanya bertahan selama satu kuartal saja yaitu di Q1 2016.

    Meskipun begitu Intel masih memegang dominasi di pangsa pasar prosesor laptop. Interl berjaya dengan dominasi 83,8 persen sementara AMD hanya 16,3 persen. Kemudian di pangsa pasar prosesor untuk kebtuhan server Intel menguasai 98,6 persen.

    Beberapa tahun belakangan Intel terus mengalami kendala di proses produksi yang membuatnya tertinggal dari AMD. Intel masih terus mengandalkan fabrikasi 14nm di prosesor terbaru sementara AMD terus berinovasi menuju fabrikasi 5nm.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id