Review Laptop

    Huawei MateBook D15, Laptop Menarik dan Mumpuni Buatan Huawei

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 29 April 2021 17:33 WIB
    Huawei MateBook D15, Laptop Menarik dan Mumpuni Buatan Huawei
    Huawei MateBook D15.



    Jakarta: Huawei kembali menghadirkan laptop kelas menengah untuk pasar Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui, MateBook merupakan salah satu produk tersebut, dan seri terbarunya yang masuk ke Indonesia adalah MateBook D15. Tak seperti D14, laptop ini mengadopsi prosesor Intel generasi ke-10, yang memang saat ini mudah dijumpai di pasar.

    Meski hadir di kelas menengah, Huawei tetap ingin memberikan sentuhan elegan. Ada juga beberapa kelebihan lainya yang ingin ditawarkan. Begini review Huawei MateBook D15 oleh tim redaksi teknologi Medcom.id.
     

    Desain

    Masuk ke dalam kelas yang lebih terjangkau ketimbang MateBook X Pro, laptop ini tetap menghadirkan desain elegan dari beberapa aspek. Aspek pertama adalah balutan warna Mystic Silver yang menyelimuti seluruh bodi, warna yang cenderung cerah tetapi masih proporsional dan memberikan kesan profesional.






    Huawei MateBook D15, Laptop Menarik dan Mumpuni Buatan Huawei

    Aspek kedua adalah ketebalan sekitar 16 mm yang bisa dibilang cukup tipis. Aspek ketiga adalah bobot 1,5 kg. Secara fisik, ia merupakan laptop yang enak dipandang mata dan punya mobilitas yang sesuai. 

    Layar 15 inci mungkin dirasa cukup besar jika, karena ukuran layar ini kebanyakan diadopsi oleh laptop gaming. Penggunaan layar ini sebenarnya memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Selain menyeimbangkan kualitas resolusi yang tersedia, akses ke beberapa aplikasi sekaligus juga lebih nyaman. Kenyamanan ini juga didukung oleh bezel yang tipis. 

    Huawei MateBook D15, Laptop Menarik dan Mumpuni Buatan Huawei

    Salah satu ciri khas Huawei adalah komponen kamera yang terpasang di keyboard, dan hal ini tetap berlaku pada MateBook D15. Satu hal yang cukup membuat Huawei MateBook D15 tampil beda saat dibuka adalah posisi tombol power yang cukup terlihat, dan seperti biasa, tombol ini tak perlu simbol khusus untuk menunjukkan fungsinya.

    Ini karena mereka memasang pemindai sidik jari langsung pada tombol ini, yang secara estetika membuat satu tombol yang selama ini hanya punya satu fungsi, kini memiliki peran tambahan yang meningkatkan aspek keamanan. 

    Tata letak tombol keyboard Huawei MateBook D15 dirancang familier. Keuntungannya, pengguna bisa langsung terbiasa menggunakan keyboard maupun laptop ini, ditambah dengan feedback tombol yang pas dan jarak antar tombol yang tepat. Satu hal yang menarik adalah tombol yang menjadi rumah kamera, terletak antara F6 dan F7.

    Huawei MateBook D15, Laptop Menarik dan Mumpuni Buatan Huawei

    Begitu ditekan, kamera akan langsung terbuka dan aktif, tanpa harus membuka aplikasi Windows khusus kamera. Pada sisi bawah keyboard Anda dapat melihat touchpad yang cukup luas, memungkinkan pengguna memberikan berbagai perintah tambahan selain menggerakkan kursor.

    Di sebelah kanan dan agak ke pinggir bodi dari touchpad ini terlihat logo Huawei Share dan Intel, prosesor yang menjadi dapur pacu utama Huawei MateBook D15. 

    Huawei MateBook D15, Laptop Menarik dan Mumpuni Buatan Huawei

    Laptop ini berusaha memberikan kesan yang simpel dari antarmuka fisik yang terpasang. Terdapat satu port USB 3.0 yang menemani jack audio 3,5 mm pada pinggir kiri, dan pinggir yang berlawanan juga ada port USB 3.0 yang ditemani USB-C dan HDMI.

    Huawei sendiri telah memanfaatkan pengisian daya dengan USB-C, yang mengisi baterainya bisa menggunakan adapter smartphone Huawei. Sebagai laptop yang punya dimensi cukup pas, Huawei MateBook D15 menyediakan rongga udara yang cukup terlihat pada bodi bawahnya.
     

    Fitur

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Huawei MateBook D15 menyediakan Huawei Share. Ini adalah fitur berbagi data secara cepat antar perangkat seperti dari smartphone ke laptop buatan Huawei.

    Caranya cukup dengan menempelkan smartphone yang mendukung fitur ini ke logo tersebut, kemudian mengaktifkan transfer data seperti gambar, dokumen, video, atau audio. Fitur kedua adalah PC Manager, aplikasi bawaan yang dapat memantau status laptop. 

    Ia dapat memberitahu masalah apa saja yang muncul saat itu, dan biasanya memberikan rekomendasi penyelesaian, seperti update driver atau membersihkan data tak terpakai. Fitur berikutnya adalah kehadiran dua mikrofon yang memastikan suara pengguna jernih saat melakukan konferensi video atau telepon.

    Huawei MateBook D15, Laptop Menarik dan Mumpuni Buatan Huawei

    Fitur keempat menurut kami paling menarik. Huawei MateBook D15 memanfaatkan port USB-C untuk pengisian daya. Dalam paket penjualan sudah tersedia charger 42W, yang sejatinya juga bisa dipakai untuk smartphone Huawei.

    Begitu juga sebaliknya, Anda juga dapat mengisi baterai laptop ini dengan charger smartphone Huawei kelas premium seperti P dan Mate Series. Pada satu skenario penggunaan, Anda hanya perlu membawa satu adapter untuk mengisi baterai laptop dan smartphone sekaligus, seandainya dibutuhkan.
     

    Performa

    Huawei MateBook D15 menggunakan prosesor Intel Core i5-10210U, yang sejatinya dapat menjalankan berbagai aplikasi, termasuk game. Di dalam prosesor ini tertanam GPU terintegrasi Intel UHD620. Untuk menopang performa prosesor, laptop ini menyematkan RAM 16GB DDR4 dan ruang penyimpanan 512GB dalam bentuk NVMe SSD.

    Layarnya sendiri menampilkan resolusi 1920 x 1080 piksel, umum dipakai untuk PC dan laptop saat ini. Layar 15,6 inci membuat pengalaman visual cukup nyaman. Ikon aplikasi atau kursor tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

    Untuk mendapatkan hasil performa secara angka, kami menggunakan aplikasi PCMark, Cinebench, dan 3DMark, dan hasilnya bisa Anda lihat di bawah ini.
     
    PENGUJIAN: PCMark 10
    Modern Office
    3DMark
    Night Raid
    Cinebench R23
    (single/multi-core)
    SKOR:  3570 5653 1041/3829

    Sementara untuk baterainya, pengujian PCMark membuktikan Huawei MateBook D15 dapat bertahan hingga 8 jam. Untuk skenario penggunaan sehari-hari, daya tahan baterai ini sudah cukup dalam mendukung produktivitas, seperti bekerja mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00.

    Ini sudah termasuk berselancar internet, memutar video di YouTube atau mengakses layanan yang biasanya memakan banyak sumber daya seperti media sosial. Untuk sirkulasi udaranya, walau hanya menggunakan satu kipas, laptop ini terbukti tidak menghasilkan panas yang mengganggu kenyamanan, termasuk saat menggunakan keyboard. 

    Kesimpulan
    Huawei MateBook D15 adalah laptop dengan harga Rp12.999.000, cukup menarik untuk segmen menengah. Ia menawarkan desain elegan dengan performa yang cukup dalam mendukung produktivitas pengguna. Ditambah lagi, ia menggunakan pengisi daya yang lebih ringkas, sehingga secara tak langsung meningkatkan mobilitas.

    Tombol keyboard yang nyaman dan touchpad yang besar, tak lupa dengan ukuran layar yang cukup luas merupakan kelebihan berikutnya yang layak dipertimbangkan. Beberapa kekurangan yang terlihat adalah posisi kamera yang cenderung mengambil sudut wajah pengguna lebih rendah, ditambah ketiadaan slot Micro SD.
     
    SPESIFIKASI Huawei MateBook D15
    Prosesor Intel Core i5-10210U
    RAM 16GB
    Memori Internal 512GB NVMe
    Layar 15,6 inci Full HD
    GPU Intel UHD Graphics 620
    Bobot 1,53 kg
    Dimensi 16,9 x 229,9 x 357,8 mm
    Harga Rp12.999.000
     
    9
    Huawei MateBook D15
    Plus
    • Warna elegan
    • Bodi ringkas
    • Pengalaman visual nyaman
    Minus
    • Posisi kamera
    • Slot MicroSD Reader


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id